Logo Meta (Facebook/Meta)

Resmi, Facebook Ganti Nama Jadi Meta

29 October 2021   |   14:06 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Setelah ramai menjadi perbincangan mengenai istilah Metaverse yang cukup sering digembar-gemborkan, raksasa media sosial Facebook Inc kini mengganti nama perusahaannya menjadi Meta Platform Inc. Perubahan nama tersebut diumumkan langsung oleh CEO Facebook/Meta Mark Zuckerberg dalam konferensi tahunannya bertajuk Connect, Jumat (29/10) waktu Indonesia.

Zuckerberg menyebutkan bahwa perubahan nama perusahaan induk itu merupakan bagian dari rebranding yang tengah dibangun dan mencerminkan tujuan besar perusahaan. Dalam hal ini, dia merujuk pada Metaverse yang akan 'menggabungkan' dunia nyata dan virtual.

"[Perubahan nama ini dilakukan] untuk mencerminkan siapa kami dan apa yang sedang kami bangun. Seiring berjalannya waktu, saya berharap kami akan dilihat sebagai perusahaan Metaverse," katanya.

(Baca juga: Pembuat Konten, Yuk Merapat! Facebook & Instagram Bakal Gelar Hari Kreator)

Sebagai catatan, perubahan ini tidak berpengaruh terhadap produk layanan media sosial yang kini berada di bawah naungan Meta, termasuk jejaring sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp yang akan tetap dengan nama tersebut.

Meta juga memastikan bahwa perubahan yang dilakukan tidak memengaruhi struktur perusahaan yang sudah establish. Semuanya masih beroperasi sebagaimana selama ini telah berjalan.
 

Oculus

Hanya saja, terjadi perubahan pada salah satu produk yang diusung Facebook yakni Oculus Quest. Perusahaan menyatakan bahwa mulai 2022, lini produk tersebut akan dikenal sebagai Meta Quest. Begitu juga dengan aplikasi Oculus yang berubah nama menjadi Meta.

Beberapa produk Oculus juga akan diberikan branding Horizon yang namanya dianggap lebih mencerminkan branding Metaverse yang tengah dikembangkan oleh perusahaan.

Saat ini, sudah ada beberapa layanan yang diluncurkan dengan merek itu termasuk Horizon Workrooms dan Horizon Worlds. Meta menyebut bahwa ke depan akan ada lebih banyak layanan seperti Horizon Home, Horizon Venues, Horizon Friends, dan Horizon Profile.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Google Kembangkan Sistem Operasi Android 12L, Ini Loh Penjelasannya

BERIKUTNYA

Tes PCR Tak Jadi Syarat Naik Pesawat di Inggris, Kenapa Ya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: