Ilustrasi sanitasi (Dok. Gallery DS)

Kampanye Lawan Kuman, Brand Ini Bangun Sanitasi di 150 Titik

27 October 2021   |   21:18 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air penting dipraktikkan pada masa pandemi Covid-19 ini. Langkah tersebut diyakini bisa meminimalisasi risiko terinfeksi bakteri maupun virus. Dalam rangka perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober lalu, NUVO Family meluncurkan kampanye “Indonesia Bergerak Lawan Kuman”. 

Head of Public Relations Wings Group Indonesia, Gabriella da Silva, mengatakan tidak hanya sekadar menyuarakan aksi melalui edukasi dan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah, NUVO juga turun langsung berpartisipasi dalam pengadaan fasilitas sanitasi di 150 titik di Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Timur, dan Jawa Tengah. 

“Pengadaan fasilitas ini merupakan bukti nyata dukungan NUVO baik kepada pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan, maupun kepada masyarakat dalam komitmen membangun bangsa yang lebih sehat,” ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (27/10/2021).

 

Peluncuran kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman (dok. Wings Group)

Peluncuran kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman (dok. Wings Group)



Menurut data UNICEF, di Indonesia baru 78 persen rumah tangga yang memiliki fasilitas sanitasi atau cuci tangan. Papua dan NTT adalah proporsi rumah tangga yang memiliki sarana terendah yakni masing-masing sebesar 36 persen dan 54 persen. Sementara itu, 3 dari 5 sekolah di daerah tersebut tidak memiliki akses ke kebersihan dasar. 

Karena itu, 10 juta anak Indonesia kata Gabriella diperkirakan tidak dapat melakukan cuci tangan secara konsisten, padahal selain dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19, mencuci tangan pakai sabun juga dapat mencegah penyakit lainnya, seperti penyakit diare dan juga pneumonia.

(Baca juga: Lingkungan Lebih Bersih Jadi Perhatian Perusahaan Otomotif Global)

“Di tengah pandemi dengan kondisinya yang tidak menentu, upaya menjaga kebersihan diri merupakan salah satu kunci kesehatan. Ini harus diajarkan sejak dini,” sebutnya.

Selain berkontribusi membangun fasilitas cuci tangan di 3 Provinsi Indonesia melalui NUVO, Wings dan UNICEF sebagai bagian dari kemitraan pemerintah dengan swasta untuk CTPS, mereka turut mendistribusikan safe school kits kepada 5.000 sekolah dan madrasah di 6 provinsi wilayah kerja UNICEF, antara lain di Aceh, Jatim, Jateng, Sulawesi Selatan, NTT, dan Papua). 

“Pandemi Covid-19 menyadarkan kita akan pentingnya perilaku hidup bersih, khususnya cuci tangan pakai sabun. Mencuci tangan pakai sabun bukan hanya efektif mencegah penularan penyakit tetapi juga investasi cerdas untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi kejadian penyakit di masa yang akan datang dan dapat menghematan biaya kesehatan sampai 15 kali,” tutur Muhammad Zainal, spesialis WASH UNICEF Indonesia. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Any Song, Lagu Pertama ZICO dengan Video Klip 100 Juta Views

BERIKUTNYA

Resmi, Berikut Dewan Juri Akhir Ajang Festival Film Indonesia 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: