Layanan video Zoom (dok. Zoom)

Asyik, Zoom Akhirnya Sediakan Fitur Transkripsi Otomatis untuk Pengguna Gratis

26 October 2021   |   18:15 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Aplikasi panggilan video Zoom akhirnya menghadirkan fitur auto-generated closed captions atau transkrip teks otomatis kepada seluruh pengguna layanan. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna berbayar atau premium.

Perusahaan mengumumkan hal tersebut pada awal pekan ini dengan tujuan untuk membuat layanan lebih mudah diakses. Untuk saat ini, fitur tersebut baru akan tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi disebutkan akan diperluas ke berbagai bahasa di masa mendatang.

Product Marketing Manager of Meetings & Chat Zoom, Theresa Larkin, mengatakan bahwa perusahaan berkomitmen untuk menghubungkan setiap pengguna dengan lebih mudah. Ini termasuk para penyandang disabilitas, yang akan terbantu dengan hadirnya fitur auto generated captions.

(Baca juga: Mau Aktifkan Notifikasi Suara di Zoom? Ini Caranya!)

"Tanpa alat aksesibilitas yang tepat, pengguna disabilitas menghadapi hambatan besar saat memakai solusi komunikasi video," katanya. 

Sebagaimana disebutkan, Zoom sebelumnya menawarkan fitur transkrip langsung itu hanya untuk akun berbayar, yang kemudian mendapatkan banyak kritik dari para penggunanya sendiri. Utamanya terkait pengguna tunarungu yang memiliki opsi lebih sedikit untuk menikmati layanan. 

Dalam upaya terkait hal ini, perusahaan telah menambahkan lebih banyak opsi aksesibilitas selama beberapa waktu terakhir. Ini termasuk dukungan untuk screen readers yang memungkinkan beberapa video terlihat pada saat bersamaan.

Adapun, untuk mengaktifkan fitur caption teks dalam rapat, pemilik akun atau pengguna dengan hak admin tinggal masuk ke menu Manajemen Akun, pilih Pengaturan Akun, lalu pilih tab Rapat dan opsi Lanjutan. Disitu mereka akan menemukan pilihan untuk menyalakan fitur.


Editor: Avicenna 

SEBELUMNYA

5 Kostum Halloween Selebriti Dunia Terbaik Tahun 2021

BERIKUTNYA

Penyintas Covid-19 yang Tidak Vaksin Rentan Terinfeksi Lagi, Ini Studinya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: