Ilustasi (dok. Pexels)

Punya Manfaat, MSG Diklaim Bisa Percepat Pemulihan Lansia di RS

25 October 2021   |   22:38 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Monosodium glutamat (MSG) sering kali dihindari oleh orang, karena berbagai mitos seperti membuat bodoh. Padahal, MSG punya manfaat loh untuk pemulihan para lansia yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Hal itu disampaikan ahli gizi, dr. Rita Ramayulis.

Wanita yang juga Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association ini menjelaskan pada dasarnya hormon-hormon pengatur selera makan pada lansia cenderung sudah menurun, terlebih saat diopname di rumah sakit. Oleh karenanya, jika lansia menjalani perawatan di RS, proses pemulihan menjadi semakin lama jika asupan nutrisinya sedikit.

Dia mengatakan selera makan lansia serta orang-orang yang baru sembuh cenderung rendah karena berbagai faktor fisiologis dan psikologis. Namun kondisi ini dapat diatasi dengan meningkatkan reseptor rasa yang dimiliki melalui pengaturan rasa dasar (manis, asam, pahit, asin, dan umami).

"Sebenarnya penggunaan MSG sebagai salah satu sumber rasa umami pada makanan di rumah sakit bisa menjadi solusi untuk mempercepat proses recovery pasien lansia yang diopname," ujar Rita dalam diskusi online yang digelar Ajinomoto, Senin (25/10/2021).

(Baca juga: 6 Makanan Tinggi Protein Ini Wajib Dikonsumsi untuk Pemulihan Covid-19)

Katanya sudah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut, salah satunya dilakukan oleh Shigeru Yamamoto pada 2009. Dalam penelitian tersebut, terbukti bahwa pemberian MSG pada makanan yang dikonsumsi lansia membuat mereka lebih banyak memproduksi saliva atau air liur.

"Itu penting untuk mambantu proses mengunyah dan menelan pada lansia," sebut Rita.

Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa penambahan MSG pada makanan yang dikonsumsi lansia membuat nafsu makan meningkat. Rita menyebut bahwa salah satu faktor utama penyebab malanutrisi pada lansia adalah turunnya nafsu makan dan juga masalah mengunyah serta menelan.

Tak dimungkiri, selama ini banyak mispersepsi mengenai MSG. Misalnya, masyarakat masyarakat mengetahui bahwa MSG sebagai salah satu sumber rasa umami pada makanan yang meningkatkan selera makan, sehingga mereka khawatir tidak dapat mengontrol makanan tersebut.

"Justru bumbu umami bisa memberi rasa kenyang saat akan dan setelah makan. Sudah ada jurnal ilmiah yang menjelaskan tentang penelitian ini,” tegas Rita.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Gangguan Saraf Langka Ini Masuk Daftar Efek Samping AstraZeneca

BERIKUTNYA

IT: Immersive Tech Luncurkan Produk Smart Home, Cek Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: