Umami atau MSG. (Sumber gambar : Freepik/Doucefleur)

Peneliti UGM Sebut MSG Bisa Tingkatkan Selera Makan Lansia

15 January 2023   |   20:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Asam amino glutamat yang terkandung dalam bumbu umami seperti Monosodium Glutamat (MSG) ternyata bermanfaat untuk meningkatkan selera makan lansia lho, Genhype. Dalam penelitian terbaru yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM), hal ini dapat membantu pemenuhan asupan gizi yang baik dan berujung pada perbaikan kondisi fisik serta kualitas hidup mereka.

Penelitian bertajuk ‘Elderly Project’ ini dilakukan mulai Oktober 2021 hingga Januari 2022. Memakai metode purposive sampling, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian program makanan dengan kandungan tinggi protein, energi, vitamin, dan mineral tetapi rendah garam, gula, dan lemak, dapat meningkatkan status gizi pada lansia yang berujung pada peningkatan kualitas hidupnya. 

Dosen Departemen Gizi FK-KMK UGM, Dr. Toto Sudargo menerangkan, faktor usia biasanya membuat hormon-hormon pengatur selera makan pada lansia cenderung menurun. Kondisi ini menyebabkan lansia berpotensi mengalami malnutrisi. Malnutrisi menunjukkan efek buruk yang dapat dialami pada sebagian besar lansia, yaitu keletihan dan gangguan pada otot.

“Penelitian Elderly Project yang kami lakukan bersama Ajinomoto ini menunjukkan bahwa setelah diberikan program pemberian makan pada lansia, terjadi penurunan yang signifikan pada kadar gula darah,” ungkap Toto, yang menjadi ketua tim penelitian ini dalam keterangan resmi, Minggu (15/1/2023).

Baca jugaPunya Manfaat, MSG Diklaim Bisa Percepat Pemulihan Lansia di RS 

Toto menjabarkan, penurunan kadar gula darah ditunjukkan dari persentase pria lansia yang memiliki nilai HbA1C pada kelompok diabetik yaitu sebesar 52,9 persen  turun menjadi 23,5 persen. Sementara itu, terjadi peningkatan pada kelompok normal dengan persentase yaitu 14,7 persen naik menjadi 47,1 persen.

“Pendidikan gizi tentang pentingnya menjaga pola makan seperti mengurangi makanan manis mampu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Signifikansi kenaikan asupan protein terjadi pada kedua kelompok lansia pria dan wanita,” tuturnya.

Hasil penelitian yang dilakukan di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha (BPSTW) Unit Abiyoso dan BPSTW Budi Luhur, Yogyakarta juga menunjukkan bahwa menu rendah garam dalam program pemberian makan terbukti dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada lansia. Sebelumnya, petugas dapur BPSTW Unit Abiyoso dan Budi Luhur mereduksi penggunaan garam dan menggantinya dengan produk Ajinomoto.

Pemakaian garam dapur pada BPSTW Unit Abiyoso dan Budi Luhur yang telah diturunkan tidak membuat nafsu makan para lansia menurun. Menurut Toto dapat disimpulkan bahwa rasa makanan terbukti tetap enak walaupun tidak mengandung takaran garam sebanyak sebelumnya.

Dia menambahkan, selera makan lansia sebenarnya cenderung rendah karena berbagai faktor fisiologis dan psikologis. Kendati demikian, hal tersebut dapat diatasi dengan meningkatkan daya terima reseptor rasa melalui pengaturan keseimbangan rasa dasar berupa manis, asam, pahit, asin, dan umami (gurih).

Head of Public Relations Department Ajinomoto Grant Senjaya mengatakan melalui studi Elderly Project, pihaknya ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa di usia lanjut, mereka tetap bisa meningkatkan kualitas hidup dan harapan hidup sehat.

“Yakni dengan cara  menjaga asupan makanan bergizi seimbang dan juga mengurangi asupan gula, garam, dan lemak,” ujarnya.

 

(Sumber gambar: Ajinomoto)

(Sumber gambar: Ajinomoto)

Buat kamu yang ingin menyajikan makanan rendah gula, garam, dan lemak untuk lansia, berikut resep Sup Oyong Soun Wortel yang bisa dicoba. 
 

Bahan

  • 1 buah oyong/gambas, iris tipis 
  • 1 buah wortel, iris tipis 
  • 5 butir telur puyuh rebuh
  • 1 bungkus soun, seduh dengan air panas 
  • 4 siung bawang merah 
  • 2 siung bawang putih 
  • 1 bungkus Sajiku Bumbu Sayur Sop 
  • 600 milliliter air 
  • Seledri, iris tipis 
  • Bawang goreng
 

Cara masak

  1. Siapkan sayuran yang akan dipakai dalam sup oyong. Masukkan minyak ke dalam panci, lalu masukkan air.
  2. Masukkan bawang merah dan bawang putih, aduk lalu masukkan wortel. Rebus hingga setengah matang. 
  3. Masukkan oyong dan telur puyuh, setelah itu masukkan Sajiku Bumbu Sayur Sop dan aduk rata 
  4. Tuangkan sayuran ke dalam mangkuk berisi soun. Lalu tambahkan bawang goreng dan daun seledri. sajikan dengan nasi hangat. 

Baca juga: 7 Jenis Olahraga Ini Direkomendasikan Untuk Lansia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

5 Kiat Mengoleksi Karya Seni ala Arsitek & Kolektor Cosmas Gozali

BERIKUTNYA

Jadi Museum Arkeologi Terbesar di Dunia, Grand Egyptian Siap Dibuka Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: