Ilustrasi daun kayu manis. (Sumber gambar: KamranAydinov/Freepik)

Ini 6 Manfaat Daun Kayu Manis untuk Kesehatan

21 October 2021   |   16:29 WIB

Genhype, apakah kalian tahu, ternyata tidak hanya kayu manis yang punya manfaat besar, daun dari kayu manis juga enggak kalah bermanfaat. Biasanya, daun kayu manis dijadikan sebagai minyak karena kandungan vitamin dan mineralnya atau dijadikan minuman teh dan bahan masakan pengganti daun salam.

Daun ini umumnya ditemukan di sejumlah daerah seperti India, Sri Lanka, Bangladesh, Burma, China, Vietnam, hingga Amerika Selatan dengan berbagai tujuan, termasuk kesehatan. Yuk cek manfaat daun kayu manis di bawah ini!
 

1. Anti-bakteri

Minyak yang terkandung di dalam daun kayu manis memiliki komponen anti bakteri yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan sistem daya tahan tubuh dari berbagai bakteri berbahaya. Dengan kandungan ini, minyak kayu manis bisa digunakan untuk meredakan pilek atau flu.

Tidak hanya itu, kemampuan anti-bakteri ini juga mendukung kesehatan pernafasan melalui antioksidan serta mengendalikan inflamasi pada tenggorokan dan paru-paru sehingga tubuh mudah untuk mengurangi lendir penyebab pilek atau flu.
 

2. Meningkatkan suasana hati 

Kandungan minyak pada daun kayu manis bermanfaat dalam proses penyeimbangan zat kimia di dalam otak dan komponen di dalam syaraf seperti dopamin dan serotonin yang bisa mengurangi berbagai kondisi kesehatan mental seperti stres, depresi, kecemasan, ketegangan mental, dan meningkatkan suasana hati.


3. Meningkatkan fungsi kognitif

Daun kayu manis mengandung zat bernama sinamaldehida dan epicatecin yang bisa mengurangi risiko kerusakan otak akibat stres dan protein 'tau' yang bekerja tidak normal. 
 

4. Mengurangi rasa sakit

Kandungan eugenol dan sinamaldehida pada daun kayu manis bisa mengurangi rasa sakit seperti nyeri otot dan sakit kepala. Mengonsumsi daun kayu manis sebagai minuman bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan manfaatnya ini.


5. Mendukung penurunan berat badan

Sebuah studi yang meneliti metabolisme tubuh menunjukkan bahwa sinamaldehida di dalam daun kayu manis bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Hal ini membuat kandungan dalam daun kayu manis ini mendukung penurunan berat badan.


6. Menjaga kesehatan jantung

Dengan adanya antioksidan termasuk glutatione, daun kayu manis bisa meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh. Hal ini bisa memicu jantung untuk memompa darah lebih lancar melalui pencegahan penumpukan plak dalam pembuluh darah. Selain itu, mengonsumsi daun kayu manis juga bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah diabetes tipe 2.



Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Akaigita Hadirkan Novel Thriller 'The Arson Project'

BERIKUTNYA

Serial D.P Akan Hadirkan Musim Kedua? Ini Kata Sutradara Musik Primary

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: