Ilustrasi mengemudi (dok: Unsplash/Why Kei)

Tips Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan bagi Pemula

21 October 2021   |   10:38 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Genhype, walaupun kalian sudah berpengalaman mengendarai mobil di dalam kota atau antar kota, tetapi ketika Anda menemui jalur tanjakan tetap akan berbahaya jika tidak mengetahui caranya menyetir mobil bertransmisi manual di jalanan yang menanjak.

Terlebih lagi, jika kalian adalah pengemudi pemula yang masih belum terlalu berpengalaman untuk melewati jalur menanjak yang biasanya curam serta masih bingung bagaimana cara mengontrol kopling dan gas di situasi tersebut.

Mengendarai mobil transmisi manual dapat membuat siapapun yang baru belajar menyetir mobil merasa takut bahwa mesin mobil dapat mati di tengah-tengah tanjakan. Apalagi jika ada macet di tanjakan. Oleh sebab itu, simak beberapa trik cara menyetir mobil manual di jalur tanjakan curam menurut Auto2000;

1. Gunakan gigi 1 dan 2
Salah satu cara salah yang sampai sekarang masih dilakukan oleh para pengemudi adalah selalu injak pedal kopling setengah atau kopling menggantung ketika menemui jalur menanjak. Memang cara ini bisa dilakukan, tetapi akan membuat kopling akan cepat panas, bahkan bisa sampai jebol.

Jadi, cara menyetir mobil manual paling efektif ketika menemui jalur menanjak adalah dengan menggunakan gigi 1 dan gigi 2. Gunakan gigi 1 ketika tanjakan benar-benar curam kemudian lakukan perpindahan gigi 2 untuk tanjakan yang cukup landai.

2. Gunakan rem tangan ketika berhenti
Seperti dijelaskan di poin pertama, kombinasi gigi 1 dan gigi 2 ketika bertemu jalanan menanjak menjadi solusi cara menyetir mobil manual yang efektif. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan rem tangan sebagai pengganti injak kopling dengan kaki kiri.

Khususnya ketika mobil berhenti, kalian bisa langsung menarik tuas rem tangan agar mobil tidak turun. Ketika mobil mulai berjalan, lepaskan rem tangan secara perlahan-lahan lalu ikuti dengan melepas pedal kopling dan rem.

Sementara itu, kaki kanan menginjak pedal gas untuk bergerak maju. Cara ini memang kalian sulit dilakukan untuk para pengemudi pemula. Jadi, kalian bisa latihan terlebih dahulu di tanjakan yang tidak terlalu ramai.

3. Rem kaki hanya untuk tanjakan yang tidak terlalu tinggi
Jika kalian menemukan tanjakan yang tidak terlalu tinggi, Anda bisa menggunakan kombinasi rem kaki dan kopling dengan menyesuaikan putaran mesin. Cara yang dilakukan adalah tekan pedal rem ketika berhenti, lalu pindahkan persneling pada posisi netral.

Ketika mulai berjalan, lepaskan pedal rem secara perlahan-lahan dengan melepaskan pedal kopling. Mobil akan bergetar dan maju secara perlahan-lahan. Untuk itulah cara menyetir mobil manual ini hanya akan berfungsi pada tanjakan yang tidak terlalu tinggi.

4. Menginjak pedal rem dan kopling bersamaan
Ketika mobil berhenti di tanjakan, injaklah dua pedal sekaligus, yakni pedal rem dan kopling menggunakan kaki kiri. Secara otomatis, mobil akan berhenti dan mesin masih hidup. Lalu, pastikan transmisi ada di posisi gigi 1. Saat hendak akan jalan kembali, injak pedal gas hingga sekitar 2000 RPM dan secara bersamaan, angkat kaki kiri untuk mengangkat kopling dan rem secara perlahan hingga posisi setengah.

Hal ini juga akan menimbulkan teknik menginjak pedal kopling setengah namun pedal rem juga telah stand by. Sehingga ketika mobil di depan berhenti, kalian langsung menekan kaki kiri untuk memberhentikan mobil tanpa mematikan mesin.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Ini Layanan BPJS yang Paling Banyak Dimanfaatkan Bumil

BERIKUTNYA

Hindari 5 Hal Ini agar Warna Cat Mobil Tetap Terjaga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: