Smartphone (Unsplash/Sun Lingyan)

Ini Loh Spesifikasi Smartphone Paling Banyak Dipakai Versi Antutu

18 October 2021   |   17:14 WIB

Ponsel pintar atau smartphone telah menjadi bagian penting dalam kegiatan kita saat ini. Oleh karenanya, memiliki perangkat yang sesuai akan sangat membantu berbagai aktivitas mulai dari perangkat penunjang dalam bekerja, bersosialisasi, belajar, hingga menikmati hiburan.

Situs benchamrking smartphone Antutu belum lama ini menyusun daftar peringkat preferensi pengguna ponsel kuartal ketiga tahun ini berdasarkan data backstage layanan, mulai dari kategori layar sampai varian Android.

Sebelumnya, perlu dicatat bahwa daftar preferensi ini didasarkan pada konfigurasi pengguna Antutu, jadi tidak mewakili pasar secara keseluruhan. Berikut ini poin-poin pentingnya.
 

1. Ukuran layar

Pada periode kuartal ketiga tahun ini, ukuran layar 6,7 inci menjadi yang paling banyak digunakan, menyumbang hampir 29 persen atau sepertiga dari total pengguna layanan Antutu. Angka ini naik 0,8 persen dari periode sebelumnya.

Sementara itu, layar berukuran 6,5 inci berada di posisi kedua dengan 15,2 persen. Antutu mencatat untuk pasar smartphone saat ini, layar yang lebih besar menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna.
 

2. Resolusi layar

Dalam hal resolusi layar ponsel,  ukuran1080p masih menjadi yang utama. Resolusi 1080x2400 mencatatkan proporsi 50,2 persen atau lebih dari separuh pasar dengan kenaikan 6,6 persen dari periode sebelumnya.

Sejumlah vendor memang telah menghadirkan smartphone dengan layar lebih tinggi seperti 2K atau 4K, tetapi resolusi yang tinggi membawa konsekuensi pada konsumsi daya dan baterai yang lebih besar. Alhasil, resolusi 1080p masih menjadi yang paling diminati.
 

3. Merek prosesor

Dalam hal merek prosesor, pangsa pasar Qualcomm Snapdragon menurun 0,4 persen dari kuartal sebelumnya. Akan tetapi, vendor tersebut masih menguasai pasar dengan persentase 62,9 persen di posisi pertama.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh MediaTek dengan 16,8 persen. Jumlah ini justru meningkat signifikan dari periode lalu. Posisi selanjutnya dalam hal merek prosesor diikuti oleh Samsung dengan 9,1 persen dan Huawei dengan 6,9 persen.
 

4. Inti (core) prosesor

Proporsi smartphone dengan 8 core terus meningkat menjadi total 98,3 persen. Kendati tumbuh, Antutu memperkirakan bakal sulit untuk mencapai kondisi 100 persen dalam waktu singkat karena sejumlah kondisi global yang ada saat ini.

Namun, jumlah ponsel dengan format octa-core telah menjadi tren dan pasti akan menguasai seluruh pasar, meninggalkan tren quad-core dan hexa-core. Ini merupakan tren yang tidak bisa dielakkan dari perkembangan teknologi.
 

5. Ukuran RAM

Dalam hal ukuran RAM, proporsi 6GB masih menjadi yang terbesar dengan 33,9 persen. Kendati begitu, angkanya turun sekitar 1,8 persen dibandingkan dengan kuartal dua. Hal ini berarti mulai terjadi pergeseran ke ukuran yang lebih besar.

Tercatat, RAM 8GB berkontribusi terhadap 33,5 persen dengan kenaikan 2,9 persen dari kuartal lalu. Selain itu, proporsi RAM 12GB juga meningkat 0,6 persen menjadi 9,1 persen pada kuartal tiga tahun ini.
 

6. Ukuran memori penyimpanan

Dalam hal ini, ponsel yang punya memori penyimpanan 128GB dan 256GB terus meningkat. ROM 128GB masih memimpin keseluruhan pasar dengan peningkatan 1 persen dan 256GB mengikuti dengan total 22,4 persen dan pertumbuhan sebesar 2,3 persen dari kuartal sebelumnya.

Antutu mencatat situasi ini terjadi karena adanya perubahan di pasar RAM, di mana RAM dan memori penyimpanan atau ROM saling melengkapi. Layanan juga menyatakan bahwa untuk saat ini, angka 64GB sudah terbilang 'ketinggalan zaman'.
 

7. Versi Android

Dalam preferesi versi sistem operasi yang digunakan, Android 11 menjadi yang terbesar dengan total 71,3 persen atau naik 19,7 persen dari sebelumnya. Sementara itu, porsi Android 10 secara total menjadi 21,9 persen atau turun 18,6 persen.

Ini menunjukkan bahwa produsen dan pengguna ponsel lebih memilih penggunaan sistem operasi terbaru, yakni Android 11 yang saat ini tersedia. Adapun, Google tidak lama lagi juga akan merilis Android 12 ke sejumlah perangkat smartphone
 

8. Screen refresh rate

Ini merupakan poin preferensi yang pertama kali dimasukkan ke dalam penilaian Antutu pada periode lalu, kuartal dua. Adapun, pada kuartal ketiga ini, refresh rate 60Hz masih memimpin dengan persentase 58,2 persen.

Sementara itu, opsi 120Hz berada di posisi kedua dengan 27,9 persen. Walaupun begitu, angkanya naik signifikan sebesar 7,1 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Selain itu, refresh rate 90Hz yang berada di posisi ketiga dengan pangsa 10,2 persen juga mengalami kenaikan dari periode yang lalu. Ini menunjukkan bahwa pengguna mulai beralih ke ponsel dengan refresh rate yang lebih tinggi.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Mobil Susah Dihidupkan saat Udara Dingin? Cek 5 Komponen Ini!

BERIKUTNYA

Ini 5 Tradisi Unik dalam Peringatan Maulid Nabi di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: