Salah satu makanan di The Chairman (Dok. The Chairman)

Pemilik Restoran Bintang Michelin Ini Buka 3 Rahasia Kuliner Hong Kong

16 October 2021   |   17:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype salah satu penikmat wisata kuliner? Jika ya, Hong Kong bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Banyak pelancong yang tertarik berwisata ke destinasi ini karena kekayaan kulinernya rumah bagi sekitar 15.000 restoran ini.

Hong Kong dipenuhi dengan beragam makanan lezat mulai dari dimsum, mi rebus, sampai hidangan laut. Setiap restoran pasti memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, termasuk resep rahasia yang dimiliki oleh para koki.

Salah satunya adalah Danny Yip, pemilik restoran bintang satu Michelin di Hong Kong bernama The Chairman. Dia konsisten menggunakan bahan lokal terbaik dalam menghidangkan makanan di restorannya.

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Sabtu (15/10), Yip mengungkap beberapa tempat di Hong Kong yang menjadi rahasianya selama ini dalam membeli keperluan bahan dan alat masak untuk  menyajikan masakan-masakan terbaik khas Kanton.

1. Mencari bahan segar di Aberdeen Seafood Market
 

Danny Yip di

Danny Yip di Pasar Seafood Aberdeen (Dok. Hong Kong Tourism Board)

Yip mengutamakan kesegaran dari bahan-bahan lokal dari Pasar Seafood Aberdeen yang  menjadi salah satu ciri khas dari masakan Kanton di restoran miliknya. Pasar ini adalah satu-satunya pasar ikan grosir di Hong Kong yang sudah buka sebelum subuh. Mereka menjual kerapu yang baru ditangkap, kerang bambu, lobster, dan ikan laut dengan
harga terjangkau. Tidak seperti restoran lain yang mendapatkan pasokan bahan masakan laut dari para pemasok, Yip memiliki seorang ahli yang setiap hari berbelanja ke pasar untuk memilih bahan-bahan terbaik. Dia mengirim seorang mantan nelayan ke pasar setiap hari pada pagi hari untuk memilih langsung bahan makanan laut yang segar.

2. Memilih saus terbaik di Kwun Tong
 

d

Danny Yip di Tai Ma Sauce (Dok. Hong Kong Tourism Board)

Di kawasan industri Kwun Tong yang terletak di area Kowloon, Yip sering mengunjungi Tai Ma Sauce Co., produsen saus yang telah berdiri selama 50 tahun yang sekarang dijalankan oleh generasi ketiga. Tai Ma menjual berbagai macam pilihan sayuran, bumbu, dan saus, namun Yip menjatuhkan pilihan dan sangat memuji lemon Tai Ma yang diawetkan selama sepuluh tahun karena menurutnya lemon tersebut memiliki cita rasa yang tidak dapat dicapai oleh tangan seorang koki, tetapi hanya melalui waktu.
Fermentasi lemon Tai Ma adalah bahan utama dari hidangan khas The Chairman yaitu kerang bambu yang dikukus dengan fermentasi lemon dan campuran rempah-rempah. Rasa lemon akan menambah cita rasa umami pada kerang bambu.

3. Membeli alat masak di Shanghai Street
 

f

West Kowloon (Dok. Hong Kong Tourism Board)

Kualitas alat masak secara tidak langsung akan menentukan kualitas suatu hidangan. Distrik Yau Ma Tei di kawasan West Kowloon adalah tempat rekomendasi Yip untuk membeli peralatan yang mendukung kualitas hidangan mereka. Area Shanghai Street memiliki toko-toko tua yang menjual segala macam pernak-pernik dapur, mulai dari peralatan dapur baja, pisau, hingga alat kukus yang semuanya adalah merek warisan mereka sendiri. Salah satu toko di distrik tersebut adalah Ming Shan Steel Bamboo Receptacle yang menjual alat kukus dari bambu.




Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

'Laut Memanggilku' Jadi Film Pendek Terbaik Asia di Festival Film Busan 2021

BERIKUTNYA

7 Grup K-pop Ini Pernah Tambah Anggota setelah Debut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: