Shenina Cinnamon & Wregas Bhanuteja hadiri BIFF 2021. (Dok. Offical Instagram Penyalin Cahaya)

Penyalin Cahaya Bakal Bersaing dengan 10 Film dari 9 Negara di Busan International Film Festival 2021

09 October 2021   |   17:17 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Setelah melaui 14 hari karantina di Korea Selatan, aktris Shenina Cinnamon dan sutradara Wregas Bhanuteja sampai juga di kota Busan untuk menghadiri red carpet dan pembukaan Busan International Film Festival (BIFF) pada Rabu (6/10). Kehadiran mereka di festival film terbesar di Asia tersebut untuk mewakili film Penyalin Cahaya (Photocopier).

Tahun ini BIFF ke-26 kembali dilaksanakan secara luring dengan skala yang lebih besar, yakni 1.200 tamu undangan, dan tidak ada penayangan film secara daring seperti tahun lalu.

Dalam festival yang akan berlangsung sepanjang 10 hari ini, Shenina dan Wregas hadir di antara para sineas dan aktor terkemuka. Mereka antara lain sutradara Jepang Ryusuke Hamaguchi, sutradara Korsel Bong Joon-ho, hingga para aktor ternama Korsel, seperti Yoo Ah-in, Han So Hee, Go Min Shi, Jeon Yeo-been, Park Hee Soon, Park Hae-il, hingga Choi Min Sik. 

"Di BIFF tahun ini, saya dan Shenina akan melakukan sejumlah kegiatan, seperti guest visit ke pemutaran film, sesi tanya jawab, interview dengan media, dan major event lainnya," ungkap Wregas melalui siaran pers.

Selain itu, keduanya juga akan menjalin jaringan dengan para pembuat film, aktor-aktris, hingga pelaku lainnya di industri film.
 

Berbeda dengan Wregas yang sudah pernah menghadiri acara pembukaan BIFF 2019 untuk mewakili film Tak Ada yang Gila di Kota Ini, festival kali ini menjadi pengalaman pertama untuk Shenina.

Apalagi BIFF 2021 diadakan di tengah pandemi dengan protokol kesehatan yang cukup ketat di Korea Selatan.

"Ini adalah keikutsertaan saya yang pertama kali dalam red carpet dan acara pembukaan sebuah festival film internasional sebesar Busan International Film Festival. Tentu senang rasanya dan sangat bersyukur bisa alami pengalaman langka ini di tengah kondisi sulit pandemi," kata Shenina.

Berlangsung hingga 15 Oktober 2021, BIFF akan memutar 223 film dari 70 negara. Ada total 29 layar  yang tersebar di enam bioskop di sekitar kota Busan yakni CGV Centum City, Lotte Cinema, dan Sohyang Theater. 

Adapun rangkaian acara resmi BIFF lainnya juga dihelat secara tatap muka, mulai dari open talk, special talk, outdoor greeting, actor’s house, master class, hingga handprint ceremony.

Seluruh pemutaran film diadakan secara fisik dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan kapasitas penonton dijaga pada 50 persen.

Di BIFF 2021, film Penyalin Cahaya akan diputar tiga kali, yaitu pada 8 Oktober 2021 di Busan Cinema Center, 12 Oktober 2021 dan 14 Oktober 2021 di Lotte Cinema Centum City. 

Sementara itu, dalam program kompetisi utama New Currents di BIFF 2021, film Penyalin Cahaya bakal bersaing dengan sepuluh film dari sembilan negara lain untuk memperebutkan empat penghargaan penting dan bergengsi, yakni New Currents Award, New Currents Audience Award, NETPAC Award, dan FIPRESCI Award. 

Para juri yang menilai film-film di program New Currents, yakni Deepa Mehta (sutradara Kanada), Cristina Nord (Direktur Berlinale Forum), Jang Joonhwan (sutradara Korsel), dan Jeong Jae-eun (sutradara Korsel).

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resmi Jadi MC, Sunghoon ENHYPEN & Jang Won-young Tampil Perdana Bawakan Lagu Butter

BERIKUTNYA

Nintendo Switch OLED Resmi Rilis, Intip Spesifikasinya Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: