Contoh bra (dok.Unsplash)

5 Mitos & Fakta Penggunaan Bra

06 October 2021   |   20:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penggunaan bra tengah menjadi perbincangan di media sosial setelah munculnya tulisan mengenai pakaian dalam wanita ini. Dikatakan dalam ulasan tersebut bahwa hukum menggunakan bra bagi perempuan adalah dilarang, kecuali dipakai di hadapan mahramnya. 

Jauh dari kontroversi haram atau tidak, banyak wanita yang memilih tidak menggunakan bra karena alasan kesehatan. Nah, berikut itu sejumlah mitos dan fakta terkait penggunaan bra.
 

1. Menyebabkan kendur.

Salah satu mitos tentang bepergian tanpa bra adalah payudara cepat kendur. Mengutip Healthline, padahal banyak faktor yang dapat menyebabkan payudara kendur, antara lain genetika, perubahan berat badan, kehamilan, hingga proses penuaan alami.

Secara keseluruhan, tidak ada cukup bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengenakan bra atau tanpa bra memiliki efek pada kendur. Namun, untuk orang dengan payudara yang lebih besar, mendukung jaringan ikat payudara dengan mengenakan bra dapat membantu mengurangi tingkat kendur.
 

2. Mengurangi risiko kanker payudara.

Mitos lain tentang tanpa bra adalah dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Mitos ini didasarkan pada gagasan bahwa memakai bra mempengaruhi drainase limfatik, yang merupakan proses yang membantu mengeluarkan racun dan produk limbah dari tubuh. Masalah dengan drainase limfatik dapat menyebabkan zat ini menumpuk di aliran darah, berpotensi meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

Namun menurut American Cancer Society, tidak ada bukti ilmiah yang mengaitkan penggunaan bra dengan kanker payudara. Mereka mencatat bahwa sebuah studi pada 2014 dari 1.513 wanita pascamenopause, tidak menemukan hubungan antara memakai bra dan risiko kanker payudara.

Mitos ini mungkin berasal dari fakta bahwa orang dengan kelebihan berat badan cenderung memiliki payudara yang lebih besar dan lebih cenderung memakai bra. Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko yang diketahui mengembangkan kanker payudara.
 

3. Mengenakan bra di malam hari ganggu siklus tidur.

Menurut sebuah penelitian pada 2000, mengenakan bra atau pakaian ketat lainnya di malam hari dapat memengaruhi siklus tidur-bangun seseorang.

Para peneliti menemukan bahwa tekanan malam hari dari pakaian ketat menyebabkan peningkatan suhu inti tubuh dan penurunan melatonin. Melatonin adalah hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun. Penurunan melatonin dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Studi skala kecil ini memantau 10 peserta selama periode 58 jam. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mendukung temuan ini. 
 

4. Mengenakan bra pada siang hari

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa memakai bra yang pas di siang hari memiliki efek negatif pada kesehatan.

Namun, bra yang tidak pas bisa menyebabkan nyeri pada leher dan otot dada. Tali bahu yang terlalu ketat juga dapat memengaruhi bahu. Pada mereka yang memakai bra, strap bahu menjadi salah satu penyangga utama payudara. Selama beberapa tahun, ketegangan ini dapat menyebabkan alur permanen di jaringan lunak bahu. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan bra yang pas sesuai ukuran payudara. 
 

5. Mengenakan bra olahraga.

Dalam survei pada 2013 terhadap 249 wanita, 17 persen dia antaranya melaporkan bahwa payudara menjadi penghalang untuk berolahraga. Beberapa alasan utama malu karena gerakan payudara yang berlebihan, tidak dapat menemukan bra olahraga yang tepat, peningkatan nyeri payudara karena olahraga berat, dan kurangnya dukungan payudara yang memadai.

Para peneliti mencatat bahwa pengetahuan yang lebih baik tentang kesehatan payudara menyebabkan peningkatan penggunaan bra olahraga. 

Sebuah studi pada 2015 menyelidiki efek memakai bra olahraga saat berlari. Temuan menunjukkan bahwa bra olahraga yang menawarkan dukungan tingkat tinggi dapat mengurangi nyeri payudara, terutama bagi orang dengan payudara lebih besar.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Siap-Siap, Ini Jadwal Rilis Google Pixel 6 Series Terbaru

BERIKUTNYA

Penayangan Spesial Film NUSSA Masih Berlanjut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: