sumber gambar : Madison Inouye dari Pexels

Ingin Sehat Fisik & Mental? Jangan Lupa Self-Care ya!

05 October 2021   |   21:41 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Self-care memiliki dampak yang baik bagi kesehatan fisik dan mental kita lho Genhype. Rasa stres yang ditimbulkan akibat beban sehari-hari dapat berkurang saat kita rutin melakukan perawatan diri. Psikolog Klinis Sri Juwita Kusumawardhani mengungkapkan self-care penting untuk dilakukan oleh individu secara rutin dan teratur, bukan hanya ketika memiliki waktu luang saja. 

"Hal ini dapat mengurangi rasa stres yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari," katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Dia menuturkan salah satu cara self-care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja. 

Hanya saja, Genhype perlu mengingat untuk berbelanja seusai dengan budget agar tidak makin menambah beban pikiran ya. Selain itu, belanja dengan memanfaatkan promo yang ada juga dapat menjadi pilihan agar lebih hemat. 

Dia menuturkan ada tiga cara berbelanja secara berbeda yang dapat dilakukan sebagai bentuk self-care yang baik untuk kesehatan mental.
 

1. Membeli momen berharga. 

Membeli suatu pengalaman dapat memberikan perasaan bahagia yang berbeda dan lebih tahan lama di dalam diri karena dapat diingat-ingat kembali pada kemudian hari. 

Terlebih, jika momen berharga itu dinikmati dengan orang-orang terkasih, seperti melakukan staycation dengan keluarga atau makan bersama di restoran yang sudah lama ingin dicoba. 
 

2. Berbagi dengan orang sekitar.

Berbagi dengan orang lain terbukti dapat mengaktivasi area otak yang mengatur sistem reward dan menghasilkan rasa tenang dan senang yang baik untuk kesehatan mental. 

“Terdapat tiga hal yang perlu dipenuhi agar berbelanja untuk orang lain dapat berdampak positif kepada diri sendiri, yaitu berbelanja untuk orang yang dianggap dekat, memberikan dampak yang berarti, dan merasa bebas untuk menentukan barang yang ingin diberikan,” katanya. 
 

3. Buat self reward.

Self-care juga erat kaitannya dengan memberikan penghargaan kepada diri sendiri, atau sering disebut dengan self-reward, agar lebih termotivasi dan tetap bersemangat. 

“Salah satu cara self-reward adalah belanja barang-barang yang sudah ada di wishlist, terlebih jika berhasil membeli barang incaran dengan promo yang bisa menambah tingkat kepuasaan,” lanjutnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Single Coldplay & BTS My Universe Melesat ke Puncak Tangga Lagu Billboard

BERIKUTNYA

Jo Jung-suk Masuk Bintang Utama dalam Film The Land of Happiness

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: