TikTok dan PUBG Mobile jadi aplikasi dan gim paling banyak diunduh kuartal tiga 2021 (Dok. Sensor Tower)

TikTok & PUBG Mobile Paling Banyak Diunduh Selama Q3 2021

04 October 2021   |   09:45 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Platform TikTok dan gim Player Unknown Battleground (PUBG) Mobile menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada kuartal ketiga tahun ini. TikTok (mewakili aplikasi) dan PUBG Mobile (mewakili gim) juga menjadi aplikasi dengan penghasilan tertinggi pada periode tersebut.

Laporan terbaru dari firma riset Sensor Tower tentang pengeluaran aplikasi pada kuartal tiga 2021 mengungkapkan bahwa pengeluaran konsumen secara keseluruhan tumbuh tahunan sebesar 15,1 persen menjadi US$33,6 miliar.

Pertumbuhan didorong oleh layanan Google Play yang mencatatkan pertumbuhan tahunan 18,6 persen menjadi US$12,1 miliar. Sementara itu, layanan Apple Store tumbuh 13,2 persen menjadi US$21,5 miliar.

(Sensor Tower)

(Dok Sensor Tower)

Secara keseluruhan, aplikasi yang paling banyak mengumpulkan pendapatan pada kuartal ketiga 2021, adalah Tiktok yang meneruskan posisinya dari periode sebelumnya. Diikuti dengan Piccoma, YouTube, Google One, dan Disney+.

Sementara itu dalam kategori gim, PUBG Mobile menjadi permainan terlaris secara global. Posisi selanjutnya secara beruntun diikuti oleh Honor of Knight, Genshin Impact, Pokemon GO, dan Roblox.

Laporan Sensor Tower juga mengungkapkan aplikasi dan gim yang paling banyak diunduh oleh pengguna, baik di perangkat Android maupun iOS pada periode kuartal yang sama.

Secara umum, lima aplikasi teratas yang paling banyak di-download adalah TikTok, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Messenger. TikTok belum lama ini mencatatkan total unduhan sebanyak 3 miliar, menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang mencatatkan hal tersebut.

(Sensor Tower)

(Sensor Tower)

Adapun, gim yang paling banyak diunduh di keseluruhan platform secara berurutan ialah PUBG Mobile, My Talking Angela 2, Subway Surfers, Count Masters, dan Garena Free Fire.

(Sensor Tower)

(Dok. Sensor Tower)

Sensor Tower mencatat bahwa kendati terjadi peningkatan jumlah pengeluaran konsumen dalam aplikasi, tapi jumlah pemasangan aplikasi dan gim mengalami penurunan pada kuartal ini.

Pemasangan aplikasi di Google Play Store dan Apple Store turun 1,9 persen menjadi 35,7 miliar kali dari periode sebelumnya sebanyak 36,4 miliar. Sementara instalasi gim di kedua platform juga turun 3,5 persen menjadi 13,6 miliar dari 14,1 miliar pada periode sama tahun lalu.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Tak Hanya Manis, Melon Juga Punya 5 Manfaat Ini untuk Tubuh

BERIKUTNYA

BLACKPINK The Movie Akan Tayang 13 Oktober di Bioskop Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: