Host (2020) adalah film horor supernatural yang menampilkan rekaman video conference melalui komputer, disutradarai oleh Rob Savage. (Dok. Shadowhouse Films)

Ini 20 Film Horor Paling Menyeramkan Menurut Sains

03 October 2021   |   15:05 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dalam pembaruan untuk studi Science of Scare 2020, Host, film beranggaran rendah yang direkam sepenuhnya melalui Zoom selama pandemi, dinobatkan secara ilmiah sebagai film paling menakutkan sepanjang masa, menyebabkan detak jantung penonton mencapai 130 BPM, mengalahkan pemenang 2020, Sinister.

Host merupakan film berlatar belakang masa pandemi COVID-19 yang bercerita tentang enam remaja yang menyewa paranormal atau medium untuk mengadakan pemanggilan arwah melalui video conference di platform Zoom selama lockdown berlangsung.

"Penonton mengalami peningkatan detak jantung sebesar 37 persen saat menonton film itu, dari rata-rata 64 bpm, hingga 88 bpm, dengan momen paling menakutkan film tersebut membuat jantung berdebar hingga 130 bpm [setara dengan jogging],” kata BroadBandChoices pada situs web mereka.

Untuk melakukan penelitian ini, Science of Scare Project mengundang 250 orang untuk menonton 40 film yang dianggap sebagai film paling menakutkan di dunia sepanjang Agustus hingga September.

Berikut adalah film-film paling menakutkan sepanjang masa, menurut Science of Scare Project 2021:
  1. Host
  2. Sinister
  3. Insidious
  4. The Conjuring
  5. Hereditary
  6. Terrified
  7. It Follows
  8. A Quiet Place Part 2
  9. Paranormal Activity
  10. The Conjuring 2
  11. The Babadook
  12. The Descent
  13. Hush
  14. A Quiet Place
  15. The Ring
  16. A Nightmare on Elm Street
  17. Halloween
  18. Texas Chainsaw Massacre
  19. IT
  20. The Conjuring: The Devil Made Me Do It
BroadBandChoices melakukan penelitian serupa pada tahun 2020, dan memilih film berdasarkan daftar 30 film teratas sepanjang tahun lalu, di samping entri baru dan film lain yang mungkin mereka lewatkan.

Para peserta dilengkapi dengan monitor detak jantung dan diundang untuk duduk di 'scream room' yang dirancang khusus untuk menonton film di bawah pengawasan medis dan peneliti.

Setelah mengumpulkan semua data, penelitian mengukur dampak rata-rata film terhadap detak jantung, diukur dalam detak per menit, dibandingkan dengan BPM istirahat rata-rata 64.

Temuan pdnting lainnya dari penelitian ini, menurut situs web itu meliputi: 
  • Jump scare terbaik dalam sejarah horor terdapat di film Insidious (133 BPM) diikuti dengan The Conjuring, Host, Sinister dan A Quiet Place Part 2.
  • Film horor modern punya perfroma lebih baik daripada film klasik, dengan hanya tiga film yang berusia lebih dari 20 tahun seperti Nightmare on Elm Street, Halloween, dan The Texas Chainsaw Massacre muncul di 20 besar.
  • The Exorcist keluar dari 20 film paling menakutkan yang pernah dibuat.
  • Terrified (2017) adalah film horor berbahasa asing paling menakutkan, dan satu-satunya film berbahasa asing yang menembus 10 besar.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Begini Standar Kualitas Batik Berdasarkan SNI

BERIKUTNYA

No Time to Die Diprediksi Tembus Rekor Penayangan Perdana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: