Ilustrasi wiper mobil (dok: Unsplash/Mark Boss)

Tips Perawatan Mobil: Jangan cuma Diisi, Tabung Air Wiper perlu Dikuras Loh

26 September 2021   |   15:00 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian para pengguna mobil tentunya sudah tahu kalau di setiap mobil ada tempat penampungan cairan wiper. Kebutuhan cairan wiper penting untuk membersihkan kaca depan/windshield mobil yang kotor. Namun, masih banyak yang belum menyadari bahwa penampungan cairan wiper juga butuh perawatan seperti komponen mobil lainnya.

Banyak yang mengganggap penampungan tersebut hanya perlu diisi ketika kosong dan dibiarkan saja apabila tak pernah digunakan. Sebagai perawatannya, kalian perlu menguras cairan wiper secara berkala. Manfaat menguras penampungan cairan wiper ini secara umum yaitu untuk membersihkan kotoran yang menempel pada dinding tangki bagian dalam. 

Penampungan cairan wiper yang lama tidak dikuras dapat berakibat penyumbatan kotoran yang mungkin menumpuk pada pompa air wiper. 

Air wiper ini ditampung pada tabung khusus di balik kap mesin mobil. Saat mengisi air wiper, pemilik mobil biasanya menggunakan air biasa/air tanah. Hal ini tidak masalah selama perawatan berkala rutin dilakukan. Mengapa hal ini perlu?

Perlu kalian ketahui, penggunaan air biasa atau air keran rumah sebagai cairan wiper dapat memunculkan endapat kotoran apabila tidak di bersihkan secara berkala. Kotoran ini bisa berupa lumpur tipis atau lumut yang tumbuh dibagian dalam dinding tabung cairan wiper.

Sisa air tanah ini akan mengotori tabung air wiper sehingga mengakibatkan penyumbatan terutama pada pompa air wiper. Tentunya hal ini berpengaruh pada komponen sistem penyemprotan cairan wiper lainnya.

Jadi jangan lupa lakukan pengurasan pada tabung air wiper bila dirasa sudah kotor. Pemeriksaan kondisi cairan wiper sebaiknya dilakukan oleh teknisi pada saat service berkala agar terjamin perawatannya.

Peran air wiper memang sangat penting. Dimana tabung reservoir akan di pompa secara elektrik untuk membasuh permukaan kaca saat dibersihkan oleh karet wiper. 

Penyemprotan air wiper akan terjadi jika tombol di area kemudi ditekan saat berkendara.  Mengutip Daihatsu Indonesia, pengurasan tabung air wiper yang dilakukan rutin akan membawa manfaat berikut ini.
 

1. Menjaga fungsi wiper dan komponen pendukungnya

Keberadaan air wiper pada kendaaran tidak bisa diabaikan. Apalagi air wiper volumenya mulai berkurang segera lakukan lakukan pengisian dan cek kondisi tabungnya. Apakah ada kotoran atau endapan yang menempel?

Air wiper yang lama tidak difungsikan perlu dikontrol terutama batas volume air dan kualitas airnya. Sehingga fungsi wiper serta komponen pendukungnya seperti air, motor elektrik dan nosel dapat bekerja secara optimal.
 

2. Mencegah penyumbatan kotoran

Pengurasan tabung reservoir perlu dilakukan secara berkala. Terutama bagi kalian yang sering luput dan tidak menyadari tabung air wiper telah kosong dalam waktu lama. Padahal air wiper yang kosong atau hampir habis berisiko timbulkan kotoran yang bersarang.  

Oleh karena itu, setiap melakukan pengisian air wiper jangan lupa rutin cek kondisi tabung air wiper. Apabila tinggal sedikit dan tampak kotor lebih baik lakukan pengurasan terlebih dahulu.
 

3. Semprotan air wiper menjadi lancar

Kondisi semprotan air wiper ke arah kaca kadang dipengaruhi oleh kebersihan tabung air wiper. Rutin menguras tabung wiper dapat memperlancar aliran air di selang hingga semprotan air wiper selalu lancar dan arah semburannya sesuai dengan keinginan.

Itulah sederet manfaat menguras tabung air wiper yang perlu kalian ketahui. Pada dasarnya fungsi pengurasan ini untuk menghindari penyumbatan kotoran dan menjaga kebersihan air wiper. 


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tips Merawat Karburator Mobil, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

BERIKUTNYA

Indonesia Ternyata sudah Lewati Gelombang Ketiga Covid-19, Simak Penjelasannya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: