Ilustrasi karburator (dok: Unsplash/Kirill Beglaryan)

Tips Merawat Karburator Mobil, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

26 September 2021   |   14:00 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang masih menggunakan mobil keluaran lama, khususnya mobil produksi sebelum tahun 2000-an tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator. Karburator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil, yang sangat berpengaruh pada sistem bahan bakar.

Tugas karburator pada mobil keluaran terbaru sudah digantikan oleh injeksi yang diatur oleh electronic control unit (ECU). Karburator sudah ditinggalkan lantaran tak efisien dan butuh penyetelan yang tepat agar campuran bahan bakar dan udara atau air–fuel ratio (AFR) optimal.

Sebagai catatan, karburator menggunakan sistem yang masih konvensional (mekanik), dan memanfaatkan tekanan rendah (vakum) yang dihasilkan piston pada langkah hisap.

Sesuai dengan prinsipnya, udara mengalir dari tekanan tinggi (intake) ke tekanan rendah (ruang bakar), semakin cepat gerakan piston maka semakin cepat pula aliran udara di dalam venturi karburator sehingga tekanan udara di venturi menurun dan bahan bakar akan semakin mudah bergerak ke venturi. Bahan bakar tersebut kemudian langsung disambar oleh udara yang mengalir dan terjadilah proses pengkabutan. 

Perawatan karburator sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan perawatan injeksi, diperlukan pmeriksaan dan pembersihan secara berkala agar kerjanya tetap otpimal. Namun, kalian tak perlu khawatir karena keduanya bisa kalian lakukan di rumah bermodalkan alat-alat yang sederhana. 

Sebelum, mencoba menyetel AFR kalian bisa memulai perawatan karburator mobil kalian dengan membersihkannya secara rutin. Mengutip Daihatsu Indonesia, berikut ini adalah cara membersihkan karburator mobil dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah;
 

1. Menyiapkan peralatan

Hal pertama yang perlu kalian lakukan untuk membersihkan bagian karburator pada mobil yaitu mempersiapkan berbagai peralatan. 

Karburator berada pada mesin mobil, jadi kalian harus melakukan sedikit pembongkaran. Peralatan yang dibutuhkan antara lain seperti kunci 10, 12, dan 14, tang, serta obeng plus dan minus.
 

2. Buka bagian rumah filter udara

Setelah semua peralatan sudah disiapkan, mulai dengan membuka bagian rumah filter udara sekaligus filternya pada karburator. 

Kalian bisa menggunakan kunci 10 dan 12 untuk melepas mur dan baut yang ada di sekitar rumah filter. Dalam melakukan langkah ini Anda perlu berhati hati, karena jika tidak bisa menyebabkan baut patah atau slek.
 

3. Buka bagian baut drain

Cara membersihkan karburator mobil selanjutnya yaitu membuka bagian baut darin. Baut drain sendiri merupakan baut yang berada pada bagian depan body karburator, dan berperan sebagai baut penutup. 

Untuk membuka baut ini dengan mudah, Anda bisa menggunakan kunci pas yang berukuran sekitar 14 mm. Setelah baut drain terlepas. Selanjutnya semprot semua bagian tersebut sekaligus baud drain tadi dengan menggunakan carburator cleaner. Saat melakukan penyemprotan, pastikan bahwa tidak ada kotoran yang tersisa pada sela-sela karburator.
 

4. Atur setelan angin yang masuk ke dalam karburator

Setelah kalian berhasil membersihkan semua dalam karburator, untuk melanjutkan langkah cara membersihkan karburator mobil, maka kalian perlu memasang kembali baut pada karburator. 

Kemudian atur setelan angin yang masuk ke dalam karburator, sehingga langsam. Langsam atau idle merupakan kondisi di mana mesin hidup tetapi belum beroperasi.

Untuk memperoleh posisi langsam ini, Anda bisa memutar putaran angin sekitar 1.5 putaran. Kemudian tutup dengan menggunakan telapak tangan beberapa kali, agar berbagai kotoran yang tersisa pada karburator bisa dikeluarkan. Dengan begitu bagian posisi langsam pun bisa Anda dapatkan dan bagian setelan angin juga terbebas dari kotoran dan debu yang menempel.
 

5. Semprot menggunakan carburator cleaner

Tips selanjutnya untuk membersihkan bagian karburator yaitu semprot karburator dengan menggunakan carburator cleaner. Perlakukan ini mungkin akan membuat putaran mesin turun atau bahkan mati. 

Sebagai catatan, carburator cleaner merupakan cairan pembersih karburator yang berbentuk spray. Cairan ini bisa didapatkan di bengkel-bengkel terdekat dengan harga Rp25.000-Rp40.000 per kalengnya dan bisa digunakan berulang kali.

Jika begitu, kalian bisa membuka skep gas dan menghidupkan mesin kembali. Cara membersihkan karburator mobil pun bisa kalian akhiri apabila keadaan karburasi sudah bersih.

Setelah keadaan karburasi bersih, sebaiknya setel angin kembali untuk mendapatkan putaran mesin yang stabil. Setiap komponen mobil memang memiliki perannya masing masing, termasuk juga karburator. Oleh karena itu, kalian wajib untuk merawatnya dengan cara pembersihan yang rutin, dari kotoran maupun debu yang menempel pada bagian komponen tersebut. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Perhatikan 7 Hal Ini Buat Mencegah Mobil Terbakar

BERIKUTNYA

Tips Perawatan Mobil: Jangan cuma Diisi, Tabung Air Wiper perlu Dikuras Loh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: