Ilustrasi (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)

Bumbu & Rempah Alami Ini Tidak Hanya Melezatkan Masakan Tapi Juga Menyehatkan

25 September 2021   |   22:13 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
6. Rosemary
Ramuan pinus yang kuat ini berasal dari Mediterania, jadi tidak mengherankan jika remoah ini sering ditemukan dalam masakan Yunani dan Italia, serta Spanyol. Karena rasanya yang kuat, rosemary digunakan dalam jumlah kecil pada makanan sehingga manfaatnya mungkin tidak terlalu signifikan pada tubuh. Akan tetapi rasa dan aromanya membantu menghasilkan masakan daging dan sayuran terbaik.

7. Kayu Manis
Kayu manis adalah rempah-rempah yang populer, ditemukan hampir di semua jenis resep roti atau kue. Kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinnamaldehyde serta efek antioksidan kuat yang membantu melawan peradangan dan telah terbukti menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Rempah ini juga dapat menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme, termasuk dengan memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan gula darah puasa sebesar 10-29 persen pada pasien diabetes, yang merupakan jumlah yang signifikan.

8. Sage
Sage mendapatkan namanya dari kata Latin Salvere, yang berarti "menyelamatkan." Daun ini memiliki reputasi untuk sifat penyembuhannya selama abad pertengahan, dan bahkan digunakan untuk membantu mencegah wabah.

Penelitian terkini juga menunjukkan bahwa sage mungkin dapat meningkatkan fungsi otak dan memori, terutama pada penderita penyakit Alzheimer. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa sage dapat meningkatkan fungsi memori pada orang sehat, baik tua maupun muda.

9. Kunyit
Kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning pada masakan serta mengandung beberapa senyawa dengan sifat obat seperti kurkumin. Kurkumin adalah antioksidan yang sangat kuat, membantu melawan kerusakan oksidatif dan meningkatkan enzim antioksidan tubuh sendiri, yang diyakini sebagai salah satu mekanisme kunci di balik penuaan dan banyak penyakit. Kurkumin juga memiliki manfaat anti-inflamasi.

10. Kapulaga
Bumbu manis dan pedas ini dikenal dapat meredakan sakit perut, dan penelitian laboratorium menunjukkan kapulaga juga dapat membantu melawan peradangan. Dari semua rempah-rempah, kapulaga sangat tinggi mineral seperti magnesium dan seng.



Editor: Indyah Sutriningrum
 
1
2


SEBELUMNYA

Whisnu Santika & Souljah Rilis Keep on Moving

BERIKUTNYA

Karya FriendsWithYou Hiasi Beberapa Destinasi Wisata di Hong Kong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: