Palembang menjadi kota paling tua di Indonesia yang sudah berusia 1334 tahun (Dok. Amran Alie/Unsplash)

5 Kota Tertua Ini Usianya Lebih dari 1.000 Tahun!

23 September 2021   |   13:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Kediri
Berdasarkan Prasasti Kwak, Kota Kediri telah ada sejak tahun 801 Saka atau 27 Juli 879 Masehi. Itu membuat Kediri telah berusia 1.142 tahun. Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Kediri juga kerap dianggap menjadi ikon dan situs kuno Kerajaan di Jawa karena masih banyak ditemukan reruntuhan bangunan kuno dan candi sejak era Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Kediri berdiri.

 

Monumen Simpang Lima Gumul, salah satu ikon Kabupaten Kediri yang lokasinya berjarak sekitar 6 km dari Kota Kediri (Dok Roni Yunianto)

Monumen Simpang Lima Gumul, salah satu ikon Kabupaten Kediri (Dok Roni Yunianto)


Kota Kediri juga berdekatan dengan Kabupaten Kediri yang memiliki ikon Monumen Kediri. Monumen yang yang berlokasi di kawasan Simpang Lima Gumul ini, Kabupaten Kediri ini bentuknya mirip monumen L’arch D’ Triomphe di Prancis ini lokasinya hanya berjarak sekitar 6 km dari Kota Kediri.

Menariknya, Kota Kediri juga pernah dinobatkan sebagai kota paling makmur dan kaya di Indonesia pada tahun 2018 karena angka Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atau Lapangan Usaha Tertinggi yang tercatat oleh BPS dengan pendapatan per kapita Rp449,23 juta. Angka itu melampaui pendapatan Jakarta dan Surabaya yang selama ini dikenal sebagai kota bisnis terbesar di Indonesia.

5. Magelang
Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang No.6/1989, Kota Magelang didirikan pada 11 April 907 yang berarti usianya sudah 1.114 tahun. Tak banyak yang tahu kalau kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini pernah menjadi pusat pemerintahan untuk kabupaten ketika Inggris datang ke kota ini pada abad ke-18. 

 

 Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata di Magelang (Dok. Eugenia Clara/Unsplash)

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata di Magelang (Dok. Eugenia Clara/Unsplash)


Seperti kota-kota lainnya, Magelang juga memiliki berbagai keunikan destinasi wisata, situs bersejarah dan kuliner yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai dunia salah satunya adalah Candi Borobudur.



Editor: Roni Yunianto
1
2


SEBELUMNYA

Gim MOBA Anyar, Pokemon Unite Rilis di Smartphone!

BERIKUTNYA

Cara Tangani Disleksia, Gangguan Belajar yang Juga Dialami Deddy Corbuzier

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: