Palembang menjadi kota paling tua di Indonesia yang sudah berusia 1334 tahun (Dok. Amran Alie/Unsplash)

5 Kota Tertua Ini Usianya Lebih dari 1.000 Tahun!

23 September 2021   |   13:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Meskipun kemerdekaan Indonesia baru berusia 75 tahun, siapa menyangka terdapat beberapa kota di Tanah Air yang usianya justru jauh lebih tua dari angka tersebut? Genhype, inilah bukti peradaban di Nusantara telah berusia sangat tua atau dimulai sejak era Kerajaan Kutai Kartanegara pada abad ketiga.  

Pada saat itu banyak daerah atau kawasan yang berperan sebagai pusat permukiman dan perdagangan. Akhirnya, permukiman dan perdagangan pun berkembang pesat sampai menjadi sebuah kota. Untuk tahu lebih jauh, yuk simak lima kota tertua di Indonesia seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id berikut ini.

1. Palembang (1334 tahun)
Kota paling tua di Indonesia diduduki oleh Palembang. Seperti yang tertulis pada sebuah prasasti Kedukan Bukit, kota pempek ini didirikan pada 16 Juni 682 Masehi yang berarti hingga saat ini telah berusia 1334 tahun. Pada masa Kerajaan Sriwijaya, Palembang dijuluki sebagai Venesia dari Timur karena dahulu merupakan pusat kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara.

Sebagai kota terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Medan, Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km2 yang dihuni sekitar 1,8 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 km2. Tercatat ada 463 objek bersejarah yang terdaftar mulai dari benda, bangunan, situs, dan kawasan bersejarah di kota tersebut.


2. Malang (1339)
Berdasarkan peninggalan Prasasti Dinoyo, Malang diperkirakan sudah berdiri sejak 1 Margasira 682 Saka atau 28 November 760 Masehi pada masa Kerajaan Kanjuruhan. Hingga saat ini, kota itu telah berusia 1.339 tahun. Letaknya yang berada di dataran tinggi, membuat Malang menjadi salah satu kota yang memiliki udara yang sejuk. 

Malang juga merupakan salah satu kota di Indonesia yang ramai dikunjungi. Banyaknya destinasi wisata hingga tempat-tempat kuliner yang sangat terkenal, menjadikan Malang sebagai salah satu kota terbesar di Jawa Timur yang dijuluki sebagai surga wisata.


 

Kampung Warna-warni menjadi salah satu destinasi wisata di Malang (Dok. Rahadiansyah/Unsplash)

Kampung Warna-warni menjadi salah satu destinasi wisata di Malang (Dok. Rahadiansyah/Unsplash)


3. Salatiga (1271 tahun)
Tertulis dalam Prasasti Plumpungan pada tahun 750 Masehi, membuat kota Salatiga menjadi kota tertua ketiga di Indonesia yang berarti telah berusia 1.271 tahun. Nama Salatiga berasal dari tiga kesalahan yang dikisahkan pernah dilakukan Bupati Ki Ageng Pandan Arang alias Pandanaran yang kala itu sangat gemar memuaskan diri dengan kekayaan sampai-sampai menyengsarakan rakyatnya. Akhirnya Sunan Kalijaga menamai daerah itu menjadi Salatiga karena Pandanaran dinilai telah membuat tiga kesalahan yaitu sangat kikir, sombong, dan telah menyengsarakan rakyat.

Meskipun begitu, pada perjalanannya, kota Salatiga justru tumbuh menjadi kota yang  berdaya dan merupakan salah satu kota dengan sektor perdagangannya yang kuat seperti tekstil dan produksi ban.


 
1
2


SEBELUMNYA

Gim MOBA Anyar, Pokemon Unite Rilis di Smartphone!

BERIKUTNYA

Cara Tangani Disleksia, Gangguan Belajar yang Juga Dialami Deddy Corbuzier

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: