Mirani. (Dok. Instagram/AREA dan Mirani)

5 Artis K-Hip Hop Pendatang Baru Ini Curi Perhatian

21 September 2021   |   18:05 WIB

Industri musik Korea Selatan tidak hanya meliputi musik-musik pop dan rock yang masuk dalam kategori mainstream saja, tapi ada juga musik-musik dengan berbagai aliran seperti hip hop, reggae, dan musik lain yang masuk ke dalam kategori indie atau independen. Musik-musik ini diketahui memiliki penikmatnya meski dikategorikan sebagai musik yang niche.

Di Indonesia, aliran musik lain yang digemari selain K-pop dan K-rock adalah K-hip hop yang dominan dengan unsur rap dengan berbagai campuran aliran dan komposisi. Bahkan beberapa artis K-hip hop telah dikenal publik seperti Jay Park, rapper pH-1, DPR LIVE, nafla, BLOO, Loopy, Changmo, Sik-K, dan lainnya. Selain mereka, ada juga lima rapper pendatang baru yang bisa Genhype kulik lho!

1. JMIN
 

JMIN atau yang dikenal sebagai Jonathan Min merupakan salah satu rapper yang baru di industri musik hip hop Korea Selatan. Meski namanya sangat baru, dia sendiri telah aktif secara independen sejak 2018 melalui beberapa rilisan lagu sejak dia aktif di Amerika Serikat.

Baru-baru ini, JMIN menandatangani kontrak bersama agensi HIGHR Music yang merupakan salah satu agensi milik Jay Park. Setelahnya, dia mulai debut pada 13 Agustus 2021 melalui album EP HOMECOMING yang hadir dengan tujuh lagu termasuk I Swear dan Dedication (feat. Jay Park) yang memiliki video klipnya.

Mengutip situs Hiphople, laki-laki kelahiran tahun 2000 ini terlibat dalam beberapa proyek di Korea Selatan bersama dengan sejumlah rapper seperti CAMO dan YUZION.

2. JAEHA
 

JAEHA dikenal sebagai salah satu rapper muda jebolan kompetisi High School Rapper 4 yang populer di kalangan penggemar musik hip hop Korea Selatan dan kini menjadi salah satu artis pendatang baru yang sedang naik daun. Laki-laki kelahiran 2003 ini diketahui telah berkolaborasi dengan sejumlah rapper seperti Layone, Trade L, BIGONE, Futuristic Swaver, hingga Skinny Brown.

Baru-baru ini, JAEHA bergabung dengan agensi Daytona Entertainment milik The Quiett dan Yumdda. Tidak lama setelah bergabung, dia merilis album studio Graduation pada Juli 2021 dan single Grown Up pada 15 September 2021.

3. Mirani
 

Debut secara independen pada 2018, Mirani lebih dikenal sebagai salah satu kontestan yang sukses lewat acara kompetisi Show Me The Money 9 setelah lagunya bersama tim produser GroovyRoom & JUSTHIS yang berjudul VVS meroket di sejumlah tangga lagu domestik.

Setelah sukses dari acara tersebut, Mirani menandatangani kontrak bersama dengan agensi AREA milik duo produser GroovyRoom. Tidak lama setelah itu, dia merilis single Daisy pada April 2021 serta berkolaborasi untuk single terbaru bersama lIlBOI dan Wonstein berjudul Heat pada Juni 2021.

4. CAMO
 

Selain Mirani, rapper perempuan yang juga menjadi pendatang baru adalah CAMO atau yang dikenal dengan nama Cashy Camo. Dia memulai debutnya sebagai rapper pada 2020 di bawah agensi 502 dengan album EP ICE.

Meski baru berkarir kurang lebih satu tahun, dia telah berkolaborasi dengan sejumlah rapper ternama seperti Coogie, The Quiett, Leelamarz, dan Simon Dominic. Baru-baru ini, CAMO kembali dengan album Fragile pada Mei 2021.

5. Jo Gwang-il
 

Meski telah debut selama kurang lebih dua tahun, Jo Gwang-il merupakan salah satu rapper rookie potensial sejak tahun 2020 dengan ciri khas rap yang cepat dan penuh semangat yang membuat para pendengarnya bisa menyukai atau tidak menyukai lagu-lagunya.

Selain dikenal karena gaya rapnya, Jo juga dikenal karena kolaborasinya dengan rapper seperti Brown Tigger dan Basick serta partisipasinya sebagai satu dari 62 artis dalam kompilasi lagu single Code Clear garapan produser GooseBumps pada Januari 2021.

Terbaru, Jo merilis single Perfect (judul terjemahan) bersama Brown Tigger untuk soundtrack orisinal webtoon The Real Lesson pada 19 September 2021.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Dune Sukses Besar & Tembus Box Office Internasional

BERIKUTNYA

Asah Insting Kalian buat Kenali Kucing Peliharaan Lebih Dekat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: