Squid Game. (Dok. Netflix)

Serial Netflix Squid Game, Permainan Anak Berubah Jadi Ajang Taruhan Nyawa

19 September 2021   |   09:01 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Apa yang akan kalian lakukan ketika hutang yang dimiliki kian menumpuk dan pada akhirnya kehabisan cara untuk melunasinya? Serial garapan Netflix Korea, Squid Game, memberikan orang-orang yang berutang kesempatan untuk memutihkan tunggakan mereka, tapi dengan bayaran yang lebih dari uang.

Squid Game menawarkan premis yang sering kita lihat sebelumnya: orang-orang dilemparkan ke arena buatan di mana mereka harus berjuang untuk bertahan hidup.

Dalam serial ini, 456 kontestan yang dibawa masuk ke sebuah kompleks rahasia berukuran besar untuk mengikuti kompetisi yang terdiri dari serangkaian permainan anak-anak. Mereka memperebutkan hadiah uang 45,6 miliar won.
 

Protagonis Seong Gi-hun (Lee Jung-jae), terjebak dalam jurang hutang, kecanduan judi, dan hidupnya selalu dalam kejaran rentenir.

Sementara Kang Sae-byeok (Jung Ho-yeon), seorang pembelot Korea Utara yang mencoba membantu orang tuanya melarikan diri ke selatan—membutuhkan uang untuk menyatukan kembali keluarga mereka.

Squid Game menggunakan banyak kiasan yang sudah sering kita dengar namun berhasil membawakannya dengan perspektif baru.

Para kontestan hanya mengenali kengerian permainan yang sebenarnya ketika mereka memulai permainan mematikan Red Light, Green Light yang dimainkan di luar ruangan, dengan pencahayaan total, tanpa tempat untuk bersembunyi.

Untuk kengerian dan adegan yang gory, serial ini menerima rating tertinggi di Korea Selatan, yakni 19+.

Kekerasan pada serial Squid Game merepresentasikan kondisi dunia yang kita tinggali sekarang.
 

Aktor Gong Yoo tampil sebagai cameo di episode perdana Squid Game. (Dok. Netflix)

Aktor Gong Yoo tampil sebagai cameo di episode perdana Squid Game. (Dok. Netflix)

Melalui arahan penulis-sutradara Hwang Dong-hyuk, ceritanya dibuat sedemikian rupa tanpa perlu menciptakan distopia seperti film Hunger Games, tapi menunujukkan kenyataan yang dihadapi banyak orang saat ini.

Serial 8 episode ini mewakilinya dengan berbagai latar belakang manusia di Seoul, Korea Selatan, yang membuatnya jadi jauh lebih mengerikan dan ceritanya jadi lebih relevan.

Permainannya memang mengerikan tetapi sutradara Hwang mengkontekstualisasikannya dengan kenyataan, cerita di Squid Game bisa saja terjadi di dunia saat ini dan mereka berhasil menunjukkan kemungkinan tersebut.

Squid Game juga menampilkan cameo spesial aktor Gong Yoo, yang kembali ke layar kaca setelah penampilan terakhirnya di serial tvN, Guardian: The Lonely and Great God (2016).

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Billie Eilish & Seniman AS Kampanyekan Perubahan Iklim

BERIKUTNYA

Ini Loh Peran Backpacker buat Perkembangan Sektor Wisata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: