Ilustrasi anak dan makanan sehat. (Dok. Vitolda Klein dari Unsplash)

7 Makanan yang Penting untuk Jaga Kesehatan Anak

18 September 2021   |   11:28 WIB

Makanan memiliki sejumlah pengaruh kesehatan tubuh, terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Anak-anak butuh nutrisi dan gizi yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh hingga kesehatan mereka. Inilah mengapa sejumlah makanan sehat penting untuk dimasukkan ke dalam menu harian anak-anak.

Berikut tujuh makanan yang bisa jadi pilihan yang direkomendasikan bagi anak-anak.

1. Havermut
Selain mengandung serat, havermut juga dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat kompleks yang memicu rasa kenyang lebih lama dan meningkatkan kemampuan otak. Agar lebih menarik, havermut juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.

2. Biji-bijian
Makanan ini merupakan bahan yang direkomendasikan untuk masuk sebagai salah satu makanan di dalam menu harian. Pengaplikasiannya bisa sebagai camilan yang dikombinasikan baik dalam keadaan sudah dimasak maupun mentah. 

3. Telur
Makanan yang satu ini merupakan makanan yang wajib ada di dalam menu karena kandungan lemak, protein, antioksidan, dan vitamin yang dibutuhkan di dalamnya. Selain itu, telur juga mudah untuk dikombinasikan di dalam masakan baik sebagai salah satu lauk utuh maupun campuran di dalam beberapa hidangan.

4. Kacang-kacangan polong
Kacang-kacangan polong dan legumes merupakan jenis kacang yang juga harus ada di dalam menu makanan. Produk olahannya bisa berupa campuran di dalam sup dan beberapa hidangan.

5. Produk susu
Kalsium dan vitamin dalam produk susu seperti keju, susu, dan yogurt masih dibutuhkan saat masa pertumbuhan anak-anak. Akan tetapi, produk ini cukup sulit digunakan bagi anak-anak yang mengalami intoleransi atau sensitivitas pada laktosa.

6. Sayuran
Jangan lupa sayuran! Meski hal ini memerlukan penanganan khusus karena sulitnya sebagian anak dalam memakan sayur, ada manfaat serat, vitamin, dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh. 

7. Bumbu dan rempah
Meski dua bahan ini umumnya bisa memberikan rasa tambahan pada makanan, bumbu dan rempah ternyata punya manfaat pada tubuh terutama pada sistem imun, fungsi tubuh, kesehatan mata, dan lain-lain.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ingin Jadi Presenter Sukses? Kisah Brigita Manohara Bisa Jadi Inspirasi

BERIKUTNYA

Kemas Tesisnya Jadi Buku, Brigita Manohara Ingin Beri Manfaat untuk Orang Banyak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: