Ilustrasi bubur oatmeal gurih. (Sumber gambar: Feel Good Foodie)

Resep Bubur Oatmeal Gurih yang Unik & Simpel

11 September 2021   |   09:59 WIB

Selama ini, havermut atau oatmeal selalu dikenal sebagai salah satu menu sarapan sehat yang disajikan bersama yogurt dan buah-buahan, bahkan ada juga yang mengolahnya sebagai salah satu menu camilan seperti biskuit atau energy balls. Tapi pernah enggak Genhype terbayang membuat bubur dari havermut?

Meski havermut sendiri biasanya disajikan dalam bentuk bubur dengan tambahan 'lauk' berupa buah-buahan, yogurt, madu, kacang-kacangan, dan biji-bijian, resep berikut ini bisa kalian coba jika ingin membuat bubur dengan cita rasa yang gurih layaknya bubur yang biasa ditemui di sekitar Genhype.

Yuk coba buat resep bubur oatmeal dengan gaya Tiongkok dari situs Omnivore's Cookbook ini!
 

Ilustrasi bubur havermut. (Dok. Feel Good Foodie)

Ilustrasi bubur havermut. (Dok. Feel Good Foodie)

Bahan-bahan (untuk 4 orang):

180 gram rolled oat
470 ml kaldu ayam (atau bisa diganti dengan air secukupnya)
4 butir telur
2 sdm kecap asin (atau secukupnya untuk perasa)
2 sdm daun bawang, iris
Minyak cabai atau minyak wijen secukupnya (opsional)
Bawang goreng (opsional)


Cara membuat:

1. Campurkan rolled oat dan kaldu ayam di dalam sebuah panci kecil. Masak havermut selama 10 menit dengan api kecil sampai teksturnya mirip dengan bubur sesuai dengan preferensi pribadi.

2. Masak telur sesuai dengan preferensi. Jika ingin telur goreng, maka masak telur mata sapi di atas penggorengan. Akan tetapi jika ingin telur rebus, rebus telur di dalam air mendidih selama kurang lebih 5-10 menit sesuai dengan tingkat kematangan telur yang diingiinkan.

3. Sajikan bubur oatmeal dengan memasukkan telur matang, kecap asin, dan daun bawang yang telah diiris. Lalu tambahkan minyak cabai atau minyak wijen serta bawang goreng.

Jadi bagaimana, mudah bukan? Jika Genhype ingin menambahkan lauk lain seperti ayam di dalam bubur, maka gunakan ayam matang yang telah disimpan lalu masak bersama dengan bubur oatmeal. Selain itu, Genhype juga bisa menambah sayuran lain seperti jamur tumis dan bayam rebus untuk menambah lauk di dalam olahan bubur.

Bubur ini sendiri bisa disimpan di dalam kontainer yang tertutup rapat selama dua hari. Jika ingin memanaskannya, Genhype bisa menggunakan microwave.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Menjadi Manusia Ajak Peduli ODGJ dengan Kampanye Kita Manusia

BERIKUTNYA

MONSTA X Angkat Cinta Masa Lalu dalam Video Klip ONE DAY

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: