iOS 15 (dok: Apple)

Siap-Siap Update, iOS 15 Segera Meluncur

15 September 2021   |   12:06 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Setelah diperkenalkan dalam ajang tahunan Worldwide Developers Conference 2021 beberapa bulan lalu, Apple akhirnya mengumumkan tanggal perilisan dari iOS 15. Tanggal perilisan itu diumumkan dalam gelaran California Streaming yang diselenggarakan pada Selasa (14/9/2021), waktu Amerika Serikat.  

Apple menyatakan bahwa iOS 15 akan dirilis pada 20 September 2020. Pada tanggal yang sama juga akan dirilis iPad0S 15, watchOS 8, dan tvOS 15.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai tanggal perilisan dari macOS Monterey yang juga diperkenalkan dalam ajang WWDC 2021.

Sebagai catatan, jelang perilisan iOS 15, Apple merilis pembaruan iOS 14.8 untuk menambal celah keamanan yang berpotensi membahayakan penggunanya. Pembaruan tersebut dirilis pada Selasa (14/9/2021) dan bisa diunduh dengan ukuran file hanya 388,3 MB.

Sembari menunggu kehadiran dari iOS 15 pada awal pekan depan, mari kita simak dulu rangkuman  fitur baru yang dihadirkan oleh Apple di iOS 15.

1. FaceTime iOS 15
Versi terbaru dari FaceTime milik Apple akan menghadirkan teknologi audio spesial ke panggilan video real-time. Bantuan beberapa mikrofon dan algoritma pemrosesan audio internal, bakal membuat panggilan video memiliki efek suara yang lebih realistis.

FaceTime baru juga memiliki 'mode peningkatan suara' yang menutup kebisangan latar belakang melalui algoritme. Selain itu ada juga fitur auto beautification pada video, yang diklaim seperti menggunakan kamera untuk mengambil gambar.

2. Fitur notifikasi iOS 15
Sistem iOS 15 telah meningkatkan fungsi notifikasi dan menghadirkan antarmuka notif yang baru. Avatar kontak dan ikon aplikasi menjadi lebih besar, yang bakal memudahkan penggunanya untuk mengidentifikasi notif dengan cepat.

Apple juga memperkenalkan mode ringkasan notifikasi untuk iOS 15. Ini dapat tersedia untuk pengguna secara berkelompok sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh pengguna. Ada juga mode fokus dan mendukung penyesuaian status yang berbeda. 

3. Foto iOS 15
Apple telah membawa fungsi teks langsung ke aplikasi foto di sistem operasi terbarunya. Fitur ini dapat secara otomatis melakukan optical character recognition (OCR) pada aplikasi kamera. Pengguna tinggal mengarahkan kamera ke teks dan teks akan muncul otomatis.

Fitur ini menggunakan deep neural network untuk memindai seluruh sistem dan mendukung tujuh bahasa. Selain itu, fungsi tersebut juga dapat mengenali objek dan pemandangan tertentu, ini termasuk anjing, bunga atau tanaman, gedung, dan lain sebagainya.

4. Siri iOS 15
Asisten virtual Apple yakni Siri sekarang bisa menangani audio di perangkat secara default. Artinya, pengguna dapat menggunakan fitur tanpa koneksi internet. Apple mengklaim bahwa peningkatan ini juga membuat Siri lebih responsif.

Menurut perusahaan, pemrosesan audio di perangkat juga akan membuat penggunaan Siri bersifat lebih pribadi. Ini mengikuti preferensi yang ditetapkan untuk menerapkan fungsi pembelajaran mesin di perangkat, ketimbang mengirim data ke cloud.

5. Wallet iOS 15
Sistem operasi iOS 15 menghadirkan kunci dompet, lencana perusahaan pendukung, kunci kamar hotel, dan kunci rumah pintar dalam fitur dompet terbarunya.

6. Aplikasi Cuaca iOS 15
Aplikasi cuaca di sistem operasi baru juga mendapatkan desian baru, dengan tambahan peta dalam aplikasi beresolusi tinggi. Ini dilengkapi dengan animasi latar belakang baru yang berubah sesuai dengan cuaca saat ini.

7. Peta iOS 15
Peta dalam sistem iOS 15 memiliki tampilan global dan tampilan tiga dimensi yang lebih detail. Selain itu, peta juga memberikan informasi jalan yang lebih akurat dan dapat membantu pengemudi dengan lebih banyak kabar lalu lintas dan kondisi jalan.

8. Fungsi lain iOS 15
Selain pembaruan fitur di atas, sistem operasi terbaru dari Apple ini juga memilki berbagai fungsi lain seperti pencarian suara Safari, fitur drag and drop lintas aplikasi, dan fungsi memoji baru.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

3 Figur Publik Ini Bawakan Pesan Sosial dalam Kostum Mereka di Met Gala 2021

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Masyarakat Adat yang Perlu Kamu Ketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: