iPad 9 (dok: Apple)

Yuk Intip Tiga Fitur Baru iPad 9

15 September 2021   |   11:15 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Selain meluncurkan iPhone 13, Apple Watch 7, dan iPad Mini 6, Apple juga meluncurkan iPad 9 pada gelaran California Streaming yang digelar pada Selasa (14/9/2021) waktu Amerika Serikat (AS). iPad 9 hadir dengan sejumlah fitur terbaru yang tidak dimiliki oleh pendahulunya, iPad 8. 

Vice President Worlwide Marketing Apple Greg Joswiak mengungkapkan fitur baru yang dihadirkan di iPad 9 meliputi Center Stage pada kamera, TrueTone pada layar, dan kapasitas penyimpanan yang meningkat hingga dua kali lipat dari pendahulunya.

Center Stage merupakan fitur yang disematkan untuk membantu pengguna ketika melakukan panggilan video. Saat pengguna bergerak, Center Stage secara otomatis menggeser kamera agar mereka tetap terlihat.

Demikian halnya saat saat orang lain bergabung dalam penggilan video. Kamera akan mendeteksi mereka kemudian secara otomatis memperkecil tampilan untuk menyertakan mereka dalam percakapan.

Sebagai catatan, fitur tersebut bekerja pada kamera depan 12MP dengan lensa Ultra Wide.

Kemudian, untuk pertama kalinya Apple menghadirkan layar dengan fitur TrueTone seperti yang digunakan pada iPhone. TrueTone merupakan fitur yang memungkinkan layar menyesuaikan tampilannya dengan suhu warna pada ruangan.

True Tone di layar Retina Display 10,2 inci iPad 9 membuat gambar tampak lebih alami dan memberikan pengalaman menonton yang lebih nyaman bagi pengguna di semua lingkungan pencahayaan.

Adapun, untuk kapasitas penyimpanannya iPad 9 hadir dengan kapasitas penyimpanan minimum sebesar 64GB atau dua kali lipat dari generasi sebelumnya yang hanya 32 GB. Apple juga menghadirkan varian dengan kapasitas penyimpanan 256GB bagi pengguna yang ingin menyimpan lebih banyak aplikasi, game, foto, dan video.

Bicara mengenai performanya, iPad 9 dibekali dengan chipset A13 Bionic yang diklaim memberikan peningkatan kinerja 20 persen dari generasi sebelumnya. Apple mengklaim iPad 9  tiga kali lebih cepat daripada Chromebook terlaris dan enam kali lebih cepat daripada tablet Android terlaris.

Sementara itu, untuk tampilan fisiknya iPad 9 tak berbeda dengan pendahulunya. Masih mengusung bahasa desain yang sama dan masih menyematkan kunci pengamanan berbasis sidik jari atau Touch ID, alih-alih Face ID atau pembuka kunci yang memindai wajah penggunanya.

Wakil presiden Wordwide Marketing Apple, Greg Joswiak, mengatakan dengan fitur-fitur baru tersebut iPad 9 menghadirkan kemampuan, keserbagunaan, dan kesederhanaan yang canggih dengan nilai yang luar biasa.

“iPad tidak pernah lebih penting untuk bekerja, belajar, dan berkomunikasi, dan kami senang membawa salah satu pembaruan terbesar yang pernah ada ke iPad kami yang paling populer,” kata Joswiak mengutip pernyataan resminya pada Rabu (15/9/2021).

iPad baru sudah bisa dipesan di situs resmi Apple dan akan tersedia di beberapa toko resmi Apple pada Jumat (24/9/2021) mendatang dengan harga mulai dari US$329. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai rilis dari iPad generasi terbaru ini di Indonesia.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Apple Watch Series 7 Dirilis, Seperti Apa Fitur-Fiturnya?

BERIKUTNYA

Apple Hadirkan juga iPad Mini Anyar, Ini Pembaruannya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: