Ilustrasi iPhone X (dok: Unsplash/Blocks)

Pembaruan iOS 14.8 Atasi Celah Keamanan, Segera Unduh!

14 September 2021   |   19:46 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Walaupun iOS 15 akan diluncurkan dalam waktu dekat, Apple ternyata masih menghadirkan pembaruan untuk iOS 14. Pada Selasa (14/9/2021), Apple merilis iOS 14.8 sebagai pembaruan dari iOS 14.7.1 yang diluncurkan beberapa bulan lalu.

iOS 14.8 merupakan pembaruan minor untuk menambal celah keamanan perangkat. Oleh karena itu, Apple menyarankan pengguna untuk segera mengunduh pembaruan tersebut, alih-alih tetap bertahan di iOS 14.7.1 sembari menunggu hadirnya iOS 15 yang sudah diperkenalkan dan akan segera diluncurkan.

Pembaruan yang ukuran file-nya hanya 388.83 MB ini tidak memberikan fitur baru atau meningkatkan performa perangkat. Hypeabis.id berkesempatan menjajal iOS 14.8.1 menggunakan perangkat iPhone SE 2020 dan rasanya seperti tidak ada perbedaan ketika perangkat tersebut menggunakan iOS 14.7.1.

Tidak ada penurunan kesehatan baterai (Battery Health), perubahan kemampuan penangkapan sinyal, dan ketahanan baterai yang biasanya berubah setelah dilakukan pembaruan. Adapun, perbedaan yang terlihat adalah hadirnya opsi pembaruan versi keamanan, alih-alih hanya pembaruan sistem operasi seperti sebelumnya.

Nantinya, Apple memberikan opsi bagi pengguna untuk tetap bertahan di versi iOS yang mereka inginkan dan tetap mendapatkan pembaruan keamanan. Sebelumnya, pengguna yang tetap bertahan di versi iOS lama sudah dipastikan tidak bisa menikmati pembaruan keamanan.

Mengutip Engadget, Apple melalui pernyataan resminya menyebut pembaruan iOS 14.8 dihadirkan untuk  untuk memperbaiki permasalahan terkait CoreGraphic yang terdapat di framework iOS, iPadOS, dan macOS. Sementara perbaikan lainnya berfokus di Apple Webkit browser engine.

Dalam kedua kasus tersebut, Apple menyatakan bahwa mereka mengetahui setidaknya satu laporan di mana kerentanan mungkin telah dieksploitasi secara aktif untuk mengeksekusi kode arbiter. Salah satu kelemahan itu ditemukan oleh Citizen Lab Universitas Toronto.

Kelemahan yang dimaksud berkaitan dengan spyware Pegasus. Celah ini setelah ditelusuri telah digunakan di iOS, watchOS, dan macOS sejak Februari lalu.

Spyware Pegasus telah berada di bawah pengawasan ketat sejak penyelidikan media internasional mengklaim perangkat lunak itu digunakan untuk memata-matai ponsel aktivis hak asasi manusia, jurnalis, dan bahkan kepala negara.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Tips Memulai Bisnis Teknologi Digital pada Era Industri 4.0

BERIKUTNYA

Tips Pemanfaatan AI untuk Kembangkan Bisnis dari Nodeflux

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: