Ilustrasi (Dok. Travis Yewell/Unsplash)

4 Makanan dengan Kandungan Vitamin D Tinggi

14 September 2021   |   19:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting karena memiliki efek kuat pada beberapa sistem dalam tubuh. Tidak seperti vitamin lainnya, vitamin D berfungsi seperti hormon yang artinya setiap sel dalam tubuh memiliki reseptor untuk itu. Namun, vitamin D tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh dan perlu didapatkan dari sumber lain seperti sinar matahari.

Sayangnya, kondisi pandemi Covid seperti sekarang ini membuat orang-orang lebih sering melakukan kegiatan di dalam rumah, sehingga tubuh menjadi rentan kekurangan vitamin D. Meskipun begitu, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan vitamin D tinggi.

Anak-anak, ibu hamil, dan orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 600 IU vitamin D. Namun kebutuhan vitamin D akan semakin banyak ketika usia >70 tahun yakni sekitar 800 IU per hari.

Melansir dari Healthline, Selasa (14/9), berikut ini adalah 4 makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat vitamin D.

1. Salmon

Ilustrasi (Dok. Ramille Soares/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Ramille Soares/Unsplash)

Salmon merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D, sumber protein, dan kaya akan omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian AS, dalam 100 gram ikan salmon mengandung sekitar 526 IU vitamin D. Beberapa ikan lain yang juga memiliki kandungan vitamin D sama tingginya dengan salmon adalah ikan tenggiri dan sarden.

2. Tuna Kalengan
 

Ilustrasi (Dok. Ignat Kushanrev/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Ignat Kushanrev/Unsplash)

Banyak orang menyukai tuna kalengan karena rasanya yang enak dan cara penyimpanannya yang mudah. Dalam 100 gram ikan tuna kalengan, mengandung sekitar 268 IU vitamin D termasuk sumber niasin dan vitamin K yang baik. Namun, kamu juga perlu hati-hati dalam memilih tuna kalengan dan pastikan itu terbebas dari kandungan merkuri. Jika tidak, justru akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

3. Kuning telur
 

Ilustrasi (Dok. Eiliv-Sonas Aceron/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Eiliv-Sonas Aceron/Unsplash)

Makanan laut bukanlah satu-satunya sumber vitamin D. Telur adalah sumber lain yang baik untuk mendapatkan vitamin D, terutama pada bagian kuning telur yang mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral. Dalam satu buah kuning telur, setidaknya terkandung sekitar 40 IU vitamin D. Namun, kamu juga perlu membatasi konsumsi telur dalam satu hari. Pasalnya, satu telur mengandung kira-kira 200 miligram kolesterol. Padahal, mengonsumsi lebih dari 300 miligram kolesterol per hari tidak direkomendasikan demi kesehatan jantung.

4. Jamur
 

Ilustrasi (Dok. Thanh Soledas/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Thanh Soledas/Unsplash)

Bagi kamu yang vegetarian, mengonsumsi jamur bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan manfaat vitamin D bagi tubuh. Sama halnya dengan manusia, jamur juga memproduksi vitamin D dari paparan sinar UV.

Dalam 100 gram jamur jenis portobello misalnya, terkandung setidaknya 400 IU vitamin D. Selain itu, jamur yang ditanam secara liar disebut sebagai sumber vitamin D yang sangat baik. Beberapa varietas jamur liar setidaknya memiliki 2300 UI vitamin D setiap 100 gramnya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Mager & Rebahan Tanpa Kegiatan Bikin Tubuh Rentan Sakit

BERIKUTNYA

Ribuan Orang Positif Covid-19 Coba Masuk Mal, Tetap Waspada!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: