Ilustrasi (dok. Pexels)

Gejala Covid-19 Berkepanjangan bisa Ganggu Kesehatan Mental

14 September 2021   |   08:27 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Gejala virus corona dapat berlangsung lebih lama bahkan berbulan-bulan setelah dinyatakan negatif pada beberapa orang. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), fenomena yang disebut sebagai long Covid-19 ini dialami 5-20 persen pasien, dalam jangka waktu lebih dari 4 minggu.

Bukan hanya fisik, long Covid-19 dapat memengaruhi keadaan psikologis penderitanya, terutama karena mereka merasa frustasi tidak dapat kembali ke keadaan sehat seperti semula dalam waktu yang singkat. 

Beberapa penderita mungkin saja mengalami kesulitan dalam melakukan hal-hal yang dulu sangat mudah mereka lakukan, seperti naik tangga, berjalan jauh, atau berolahraga. 

Sebuah studi yang dipublikasikan di The Lancet pada April 2021 menemukan bahwa sepertiga pasien Covid-19 telah didiagnosis dengan gejala neurologis atau psikologis, termasuk kecemasan, depresi, gangguan stres pascatrauma (PTSD), dan psikosis, dalam 6 bulan setelah mereka tertular virus corona ini.
 
Oleh karena itu, Psikolog Klinis Ratih Ibrahim mengatakan kesehatan mental perlu diperhatikan apabila seseorang mengalami long Covid-19. Dalam perjalanan untuk sembuh, pasien harus mengerti bahwa ini merupakan sebuah proses, akan ada hari-hari dimana gejala terasa lebih berat dibandingkan hari lainnya. 

"Dalam kondisi seperti ini, support system dari keluarga dan teman dapat membantu. Selain itu, dengan menciptakan rutinitas yang baik dan tetap aktif, dapat memicu endorfin dan juga meningkatkan mood," tuturnya.
 
Dia juga menyarankan sebaiknya penderita long Covid-19 melakukan konsultasi dengan ahli agar dapat membantu pemulihan fisik dan mental. Saat ini banyak konsultasi online yang bisa dimanfaatkan para pasien tanpa harus ke luar rumah.

Sementara itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Good Doctor Jeffri Aloys Gunawan mengatakan walaupun tidak menularkan virus pada tahap ini, beberapa pasien mengalami komplikasi medis yang mungkin mengakibatkan efek kesehatan yang berkepanjangan.

"Gejala ini dapat berupa sesak napas, nyeri sendi, nyeri otot, batuk, diare, kehilangan penciuman, dan pengecapan," ujarnya.

Menurut Jeffri meskipun bisa diatasi secara medis, pasien long Covid-19 perlu selalu waspada. Mereka harus lebih hati-hati dalam melakukan kegiatan. Jangan terlalu kelelahan, melakukan kegiatan sesuai dengan kemampuan, dan lakukan kegiatan fisik dengan teratur agar otot-otot tetap bekerja. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Tips Ini Bisa Mempercantik Dapur Berkonsep Warna Putih

BERIKUTNYA

Coldplay Resmi Umumkan Kolaborasi dengan BTS dalam Single My Universe

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: