Game inZOI Tembus 1 Juta Kopi Setelah Seminggu Rilis Early Access
07 April 2025 |
15:00 WIB
Game simulasi kehidupan (life simulator) inZOI telah mencatatkan angka penjualan lebih dari 1 juta kopi, sejak pertama kali merilis versi akses awal (early access). Capaian ini juga menjadi tonggak sejarah baru bagi Krafton, pengembang dan penerbit gim asal Korea Selatan di balik kehadiran gim tersebut.
Krafton meluncurkan inZOI di platform Steam pada 28 Maret 2025, dan dengan cepat membuat heboh jagat gim dunia. Pasalnya, gim ini menawarkan rangkaian simulasi kehidupan yang menarik, ditambah dengan grafik realistis.
Meski tak bisa dimungkiri, gim ini juga tidak lepas dari sejumlah kontroversi soal gameplay yang barbar. Kendati begitu, permainan tersebut mendapatkan ulasan yang positif di platform gim digital tersebut.
Baca juga: Cek Rekomendasi Spek PC untuk Main Game Assassin's Creed Shadows
Dilansir dari IGN, inZOI mencapai puncaknya dengan 175.000 penonton bersamaan di Twitch. Permainan ini juga naik ke peringkat pertama dalam daftar penjualan teratas global Steam hanya dalam waktu 40 menit setelah dirilis.
Tak berhenti sampai di situ, platform berbagi konten buatan dalam gimnya, Canvas, mencatat lebih dari 1,2 juta karakter eksis serta lebih dari 470.000 konten diunggah pada hari perilisannya.
Akhirnya, laporan terbaru dari Krafton menyatakan bahwa inZOI telah terjual lebih dari 1 juta kopi dalam tujuh hari pertama, alias seminggu setelah perilisannya. Pengumuman itu disampaikan melalui media sosial perusahaan, sembari mengucapkan terima kasih kepada para pemain yang telah terjun ke dalam gim simulasi kehidupan buatan mereka.
“Ini adalah angka yang masih terasa tidak nyata bagi kami dan sebuah tonggak sejarah yang tidak mungkin dapat kami capai tanpa Anda semua,” demikian pernyataan tertulis Krafton.
Sebagaimana masih dalam tahapan early access saat perilisan publik perdananya, gim ini akan terus dikembangkan hingga rilis secara utuh, dan masih akan terus diperbarui setelahnya. Hal ini sudah dipastikan, sebab Krafton telah menyatakan bahwa inZOI akan menjadi properti intelektual (intellectual property/IP) jangka panjang.
Tak ayal, banyak yang menyebut bahwa gim ini akan menjadi pesaing waralaba The Sims, yang telah menempati takhta di genre atau kategori tersebut.
Sebagai sebuah gim life sim, salah satu nilai jual utama dari inZOI memang ada grafik visual yang realistis, meski hal itu harus dibayar dengan persyaratan sistem untuk bermain gim yang tergolong tinggi.
Akan tetapi, selain visual yang ciamik, inZOI juga menawarkan sejumlah fitur menarik yang membuatnya berbeda ketimbang gim-gim sejenis. Misalnya fitur Face Capture, yang memungkinkan pemain mengambil gambar wajah mereka sendiri untuk membuat karakter di dalam gim.
Gim ini juga menghadirkan fitur kustomisasi futnitur yang lebih detail, tak sekadar memilh perabot mana yang akan digunakan tapi mengubahnya sesuai dengan selera. Ada juga fitur Weather Impact, sistem cuaca yang tidak hanya berpengaruh pada lingkungan tapi juga tindakan karakter, yang disebut Zoy.
Fitur yang tak kalah menarik hadir dalam permainan ini adalah Cinematic Cut Scene, yang akan menangkap momen-momen penting dalam kehidupan di dalam gim.
Selain itu, satu fitur yang membuat gim ini berbeda dengan kompetitornya seperti The Sims adalah aktivitas pekerjaan yang terlihat, sehingga pemain bisa dengan saksama mengamati bahkan berpartisipasi soal bagaimana karakter mereka bekerja.
Baca juga: 12 Game Eksklusif yang Akan Dirilis Bersamaan dengan Nintendo Switch 2
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Krafton meluncurkan inZOI di platform Steam pada 28 Maret 2025, dan dengan cepat membuat heboh jagat gim dunia. Pasalnya, gim ini menawarkan rangkaian simulasi kehidupan yang menarik, ditambah dengan grafik realistis.
Meski tak bisa dimungkiri, gim ini juga tidak lepas dari sejumlah kontroversi soal gameplay yang barbar. Kendati begitu, permainan tersebut mendapatkan ulasan yang positif di platform gim digital tersebut.
Baca juga: Cek Rekomendasi Spek PC untuk Main Game Assassin's Creed Shadows
Dilansir dari IGN, inZOI mencapai puncaknya dengan 175.000 penonton bersamaan di Twitch. Permainan ini juga naik ke peringkat pertama dalam daftar penjualan teratas global Steam hanya dalam waktu 40 menit setelah dirilis.
Tak berhenti sampai di situ, platform berbagi konten buatan dalam gimnya, Canvas, mencatat lebih dari 1,2 juta karakter eksis serta lebih dari 470.000 konten diunggah pada hari perilisannya.
Akhirnya, laporan terbaru dari Krafton menyatakan bahwa inZOI telah terjual lebih dari 1 juta kopi dalam tujuh hari pertama, alias seminggu setelah perilisannya. Pengumuman itu disampaikan melalui media sosial perusahaan, sembari mengucapkan terima kasih kepada para pemain yang telah terjun ke dalam gim simulasi kehidupan buatan mereka.
“Ini adalah angka yang masih terasa tidak nyata bagi kami dan sebuah tonggak sejarah yang tidak mungkin dapat kami capai tanpa Anda semua,” demikian pernyataan tertulis Krafton.
We are honored to share that inZOI has surpassed 1 million sales — made possible thanks to your incredible support.
— inZOI (@PlayinZOI) April 4, 2025
It’s a number that still feels unreal to us and a milestone we could not have reached without each and every one of you. Your excitement, your creations, your… pic.twitter.com/tNYx5NjLyh
Sebagaimana masih dalam tahapan early access saat perilisan publik perdananya, gim ini akan terus dikembangkan hingga rilis secara utuh, dan masih akan terus diperbarui setelahnya. Hal ini sudah dipastikan, sebab Krafton telah menyatakan bahwa inZOI akan menjadi properti intelektual (intellectual property/IP) jangka panjang.
Tak ayal, banyak yang menyebut bahwa gim ini akan menjadi pesaing waralaba The Sims, yang telah menempati takhta di genre atau kategori tersebut.
Fitur inZOI
Dalam situs resminya, Krafton mendeskripsikan inZOI sebagai gim simulasi kehidupan, tempat para pemain bisa memvisualisasikan kisah kehidupan dengan grafik yang realistis dan mendalam serta terperinci, yang akan menciptakan kejadian-kejadian tak terduga.Sebagai sebuah gim life sim, salah satu nilai jual utama dari inZOI memang ada grafik visual yang realistis, meski hal itu harus dibayar dengan persyaratan sistem untuk bermain gim yang tergolong tinggi.
Akan tetapi, selain visual yang ciamik, inZOI juga menawarkan sejumlah fitur menarik yang membuatnya berbeda ketimbang gim-gim sejenis. Misalnya fitur Face Capture, yang memungkinkan pemain mengambil gambar wajah mereka sendiri untuk membuat karakter di dalam gim.
Gim ini juga menghadirkan fitur kustomisasi futnitur yang lebih detail, tak sekadar memilh perabot mana yang akan digunakan tapi mengubahnya sesuai dengan selera. Ada juga fitur Weather Impact, sistem cuaca yang tidak hanya berpengaruh pada lingkungan tapi juga tindakan karakter, yang disebut Zoy.
Fitur yang tak kalah menarik hadir dalam permainan ini adalah Cinematic Cut Scene, yang akan menangkap momen-momen penting dalam kehidupan di dalam gim.
Selain itu, satu fitur yang membuat gim ini berbeda dengan kompetitornya seperti The Sims adalah aktivitas pekerjaan yang terlihat, sehingga pemain bisa dengan saksama mengamati bahkan berpartisipasi soal bagaimana karakter mereka bekerja.
Baca juga: 12 Game Eksklusif yang Akan Dirilis Bersamaan dengan Nintendo Switch 2
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.