Mengkonsumsi buat menjadi salah satu cara menyeimbangi rasa pahit (sumber gambar: Vanessa Loring dari Pexels)

4 Cara Cepat Memulihkan Anosmia & Kehilangan Nafsu Makan

07 September 2021   |   14:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu gejala yang kerap dialami saat seseorang positif Covid-19 adalah anosmia atau keadaan saat penderita mengalami gangguan indera perasa dan penciuman. Kondisi itu tentu membuat rasa tidak nyaman karena berpengaruh terhadap nafsu makan.

Jika mengalami kondisi demikian, sebaiknya perlu melakukan sejumlah hal untuk meredakannya, salah satunya adalah mengonsumsi makanan tertentu. Dikutip dari rilis Es Teller 77, berikut sejumlah  cara yang dapat dilakukan ketika mengalami anosmia. 

1. Pilih makanan favoritmu.
Genhype pasti akan lebih tertarik mengonsumsi makanan yang memiliki rasa sesuai dengan selera. Tidak hanya meningkatkan nafsu makan, tetapi dengan mencicipi rasa favorit, Genhype disebutkan akan lebih mudah mengingat berbagai rasa yang ada dalam makanan tersebut. 

Secara perlahan, hal itu akan membantu tubuh untuk memanifestasi setiap bayangan rasa yang tersentuh di area lidah. Dalam waktu sementara, kamu bisa menambahkan bumbu atau kandungan perasa yang kamu sukai ke dalam makanan untuk memberikan stimulus lebih pada indera perasa. 

2. Sering minum air mineral
Mulut yang kering akan memperburuk kemampuan indera pengecap. Selain itu, untuk mengoptimalkan fungsi mengidentifikasi rasa, kebersihan area mulut juga harus selalu terjaga. 

Perbanyak minum air mineral bisa menjadi salah satu cara termudah untuk menetralisir titik perasa pada lidah. Cobalah untuk minum minimal delapan gelas atau sekitar dua liter air mineral sepanjang hari dan beberapa teguk di sela waktu makan supaya kamu bisa kembali menikmati sensasi rasa dari suatu makanan atau minuman.

3. Maksimalkan fungsi indera lainnya
Ketika indera kehilangan fungsinya, maka Genhype dapat mengalihkan fokus pada kemampuan indera lainnya, seperti pendengaran dan penglihatan. Genhype bisa memaksimalkan perhatian pada aroma, warna, bentuk, serta tekstur dan bunyi kriuk dari makanan saat dikunyah. 

4. Mengonsumsi makanan atau minuman dengan rasa yang kuat
Kebanyakan orang yang mengalami gejala Anosmia juga mengeluh lidahnya terasa pahit. Ketika tidak bisa menikmati berbagai rasa, maka Genhype bisa menstimulasi fungsi lidah dengan makanan ataupun minuman yang mengandung bahan dengan rasa yang kuat, seperti lemon, jeruk nipis, dan lainnya. 

Mengonsumsi buah-buahan juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menyeimbangi rasa pahit yang menurunkan nafsu makan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Wow, Zendaya Tampil dengan Gaun 'Basah' Balmain di Festival Film Venesia

BERIKUTNYA

Museum MACAN Adakan Pameran Seni Kolaboratif dengan 5 Organisasi Seni

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: