Tim Kancil (Dok. 3M Inspire Challenge)

Ubah Bahan Baku Masker, 4 Mahasiswa ITB Jadi Juara Nasional

03 September 2021   |   17:54 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Empat orang mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menjadi juara nasional 3M Inspire Challenge 2021. Kompetisi tersebut merupakan case challenge yang diadakan oleh perusahaan sains global, 3M, untuk mencari solusi di bidang teknologi, keberlanjutan, dan inovasi. Para pemenang adalah Muhammad Rahmadito, Gabriele Maruli Tondi, Safira Dastalenta, dan Ramadhana Bhanuharya Krishnamurti.

Berhasil mengalahkan dua tim lainnya di Indonesia, mereka menciptakan sebuah solusi yaitu 3M Nexcare Bio Daily Mask, masker ramah lingkungan dengan mengubah bahan utama masker bedah menjadi bioplastik yang bertujuan untuk membantu 3M dalam mengurangi emisi gas rumah kaca serta ketergantungan pada plastik murni berbasis fosil.

Berkat kemenangan tersebut, tim yang mereka namai Kancil tersebut berhak mendapatkan hadiah sebesar US$ 1.000 atau sekitar Rp 14,5 juta serta kesempatan magang di kantor 3M Indonesia.
 

Ilustrasi masker medis (Dok. Mika Baumeister/Unsplash)

Ilustrasi masker medis (Dok. Mika Baumeister/Unsplash)

Salah satu anggota tim, Safira, mengatakan bahwa sekitar 3,4 miliar masker sekali pakai dibuang setiap harinya. Bahan utama dari sebagian besar masker tersebut adalah plastik yang tidak dapat terurai, sehingga menimbulkan polusi limbah dan emisi karbon saat dibakar.

“Oleh karena itu, kami berupaya untuk mengurangi sekitar 63,9 juta kilogram plastik murni berbasis fosil dan 3,41 juta ton karbon dioksida ekuivalen (Co2-Eq) di tahun 2025 mendatang dengan mengubah bahan utama masker bedah menjadi bioplastik ramah lingkungan,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Hypeabis.id.

Selain itu, mereka juga akan melaju ke Final Tingkat Regional pada 21 September mendatang, di mana mereka dan lima kandidat lain dari Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam akan memperebutkan gelar Regional Champions serta hadiah uang tunai US$ 2.000 atau setara Rp29 juta yang akan dinilai secara langsung oleh para juri.

Sebagai persiapan untuk tahap selanjutnya, mereka juga akan mendapatkan pendampingan dari para mentor 3M yang akan membantu mengasah dan menyempurnakan ide-ide mereka.

“Inovasi dan solusi ini sangat penting untuk mengatasi tantangan di seluruh dunia. Kami senang dapat menyediakan platform seperti ini untuk mendukung dan memberdayakan generasi muda untuk menjadi pemimpin, pemikir, dan kreator yang beragam,” kata Vice President and Managing Director 3M South East Asia Region and Country Leader Singapore, Kevin McGuigan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ilmuwan Jepang Cetak Daging Wagyu 3D Pertama

BERIKUTNYA

Marak Kebocoran Data, Edukasi & Literasi Jadi Kunci Keamanan Siber

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: