Ilustrasi Twitter (Dok. Claudio Schwarz/Unsplash)

3 Jenis Hashtag yang Populer Digunakan Warganet di Twitter

03 September 2021   |   15:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pasti sudah mengenal istilah hashtag atau tagar yang kerap digunakan di hampir semua platform media sosial, termasuk di Twitter. Hashtag yang ditulis dengan simbol (#) itu biasanya digunakan untuk mengindeks kata kunci atau topik. Pada Twitter, fungsi tersebut dibuat agar memudahkan pengguna untuk mengikuti topik yang mereka minati.

Tak hanya itu, para pengguna Twitter juga menggunakan tagar untuk mencari informasi dengan cepat—sesuai dengan fungsinya yaitu untuk mengelompokkan percakapan.

Tagar juga memungkinkan para pengguna bergabung dalam percakapan dan berdiskusi dengan komunitas yang mereka anggap penting di Twitter.

Mulai dari pembahasan tentang tren investasi bitcoin hingga topik hiburan terkini, berikut adalah beberapa penggunaan tagar yang populer di Indonesia dalam paruh waktu pertama tahun 2021 menurut rilis data Twitter. 

1. Ucapan doa dan harapan untuk Indonesia
Para pengguna Twitter di Indonesia menyampaikan doa dan dukungan kepada korban bencana alam dan tragedi kemanusiaan melalui tagar #PrayForIndonesia. Lewat hashtag tersebut, banyak pengguna Twitter saling berbagi kekuatan, harapan, dan informasi terkini.

Beberapa tagar sempat ramai digunakan di linimasa selama 6 bulan terakhir adalah #PrayForKalsel terkait bencana banjir di Kalimantan Selatan, #PrayForSriwijayaAir terkait hilangnya pesawat Sriwijaya Air, hingga #PrayForKRINanggala402 terkait dengan tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402.
 

Ilustrasi Twitter (Dok. Benjamin Dada/Unsplash)

Ilustrasi Twitter (Dok. Benjamin Dada/Unsplash)


2. Dari K-pop, gaming, hingga sinetron, tagar konten hiburan masih menjadi topik favorit
Pada saat pandemi seperti sekarang ini, para pengguna Twitter di Indonesia menghibur diri dan terhubung dengan komunitas untuk membicarakan topik-topik hiburan, mulai dari musik, film, hingga gaming.

Tagar #BTS sempat meramaikan linimasa Twitter berkat kolaborasi grup K-pop tersebut dengan McDonald’s serta peluncuran lagu-lagu baru mereka seperti Butter dan Permission to Dance.

Selain itu, penikmat musik Indonesia juga memberikan dukungan kepada penyanyi dan grup favorit mereka saat ajang musik tahunan #GRAMMYs digelar.

Tagar sinetron #IkatanCinta juga kerap menjadi topik yang populer, sehingga menjadi trending di Twitter. Begitu pun dengan mereka yang menyukai animasi Jepang, tagar anime #AttackOnTitan dan #JujutsuKaisen juga menjadi topik yang ramai di Twitter.

Tak ketinggalan, para gamers di Indonesia juga meramaikan role-playing game (RPG) favorit mereka, #GenshinImpact, sehingga menjadi bagian dari percakapan seru di Twitter.

3. Tren investasi mata uang kripto
Banyaknya perbincangan mengenai cryptocurrency atau mata uang kripto akhir-akhir ini juga terjadi di Twitter.

Hal itu terlihat dari ramainya perbincangan terkait topik tersebut dengan tagar #bitcoin, #dogecoin, #doge, dan sebagainya. Lewat hashtag-hashtag tersebut, para trader berbagi tips dan ilmu di Twitter mengenai strategi terbaik investasi mata uang kripto tersebut.

Selain ketiga hal itu, Twitter juga menjadi hashtag-hashtag untuk project, kampanye, hingga guyonan (seperti dulu ada #Sawityowit). Namun, hal ini tidaklah semasif tiga jenis hashtag yang disebut sebelumnya.

SEBELUMNYA

Begini Loh 5 Tips Praktis Menangkal Serangan Ransomware

BERIKUTNYA

Jelang Comeback, 5 Member ENHYPEN Dinyatakan Positif Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: