General Manager Konten Bisnis Indonesia Weekly & Hypeabis.id Diena Lestari memberikan materi saat BIG Campus Day-Meet Up di Wisma Bisnis Indonesia di Jakarta, Jumat (24/1/2025). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

Bisnis Indonesia Group Jalin Kemitraan dengan Perguruan Tinggi Lewat BIG Campus Day 

24 January 2025   |   22:47 WIB
Image
Fashli Jannatin Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Bisnis Indonesia Group menggelar acara BIG Campus Day - Meet Up yang berlokasi di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Jumat (24/1/2025). Agenda itu menghadirkan mahasiswa dari sejumlah kampus seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Tarumanegara. 

BIG Campus Day diadakan untuk membangun sinergi antara dunia industri dan perguruan tinggi melalui program kemitraan strategis. Selain memperkenalkan struktur dan operasional grup media ini, acara tersebut juga membuka peluang magang bagi para mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja profesional.  

Acara dimulai dengan suasana hangat dan interaktif melalui sesi ice breaking berupa permainan kelompok yang melibatkan seluruh peserta. Kegiatan ini dirancang untuk menciptakan suasana akrab antar perwakilan kampus. Setelah itu, masing-masing universitas diberi kesempatan untuk memperkenalkan divisi kampus mereka kepada peserta lain.  

Baca juga: Perkenalkan Program NewBiz, Bisnis Indonesia Ajak Mahasiswa Kolaborasi 
 

Dokumentai Acara BIG Campus Day - Meet Up (Sumber: Hypeabis.id/Fashli Jannatin)

Dokumentai Acara BIG Campus Day - Meet Up (Sumber: Hypeabis.id/Fashli Jannatin)

Sesi berikutnya adalah perkenalan mengenai Bisnis Indonesia Group yang dipandu oleh tim promosi dan Marketing Communication. Dalam sesi ini, peserta diajak untuk memahami peran dan kontribusi dari perusahaan yang menaungi beberapa platform terkemuka, seperti Bisnis.com, DataIndonesia, Bisnis Muda, Hypeabis, dan Context.  

Setelah perkenalan, agenda dilanjutkan dengan penjelasan mengenai program kemitraan kampus (campus partnership), dengan Bisnis Indonesia Group membuka peluang kolaborasi dalam berbagai bidang, termasuk penelitian, pengembangan konten kreatif, dan peluang karier.

Untuk peluang magang, di sesi ini diperkenalkan dengan program magang reporter dan NewBiz. Selain itu, dijelaskan juga secara detail mengenai program magang lainnya yang tersedia, termasuk tentang posisi, kriteria, dan proses seleksi. 

Secara umum, dalam program magang yang ada, Bisnis Indonesia memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa untuk mengenal dunia kerja, khususnya di industri media. Program ini dirancang untuk membekali mereka dengan keterampilan praktis yang relevan dengan dunia kerja. 

Salah satu sesi yang menarik perhatian adalah perkenalan dari tim redaksi yang disampaikan oleh Diena Lestari, General Manager Konten. Dalam paparannya, Diena menjelaskan proses pembuatan konten kreatif, strategi pengelolaan media digital, dan pentingnya relevansi konten untuk menjangkau generasi magang.

“Di sini anak magang tidak kami beda-bedakan dan memiliki tanggung jawab dan tugas yang sama juga dengan reporter yang sudah bekerja” ungkapnya. 

Selain itu, Rahma dari tim Bisnis Muda juga memperkenalkan produk dan inisiatif dari kelompok Bisnis Muda yang dirancang khusus untuk kelompok muda yang ingin memahami dunia bisnis secara praktis. 
 

Tur Kantor Bisnis Indonesia 

Mahasiswa meninjau proses produksi  saat BIG Campus Day-Meet Up di Wisma Bisnis Indonesia di Jakarta, Jumat (24/1/2025). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

Mahasiswa meninjau proses produksi saat BIG Campus Day-Meet Up di Wisma Bisnis Indonesia di Jakarta, Jumat (24/1/2025). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

Di penghujung acara, para mahasiswa diajak untuk berkeliling kantor Wisma Bisnis Indonesia. Tur ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk melihat langsung operasional media, mulai dari ruang redaksi, studio produksi, hingga fasilitas pendukung lainnya. Mereka tampak antusias melihat proses kerja yang profesional di salah satu grup media di Indonesia ini.  

Para peserta dari sembilan universitas yang hadir, termasuk Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA), Universitas Esa Unggul, Universitas Bakrie, Universitas Paramadina, dan Universitas Prof. Dr. Moestopo, menyambut baik acara ini. Mereka mengaku mendapatkan wawasan baru, baik tentang industri media maupun peluang yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk masa depan.  

BIG Campus Day - Meet Up menjadi acara perdana yang diselenggarakan oleh Marketing Communication Bisnis Indonesia Group. Dengan keberhasilan acara ini, diharapkan kegiatan serupa dapat menjadi agenda rutin untuk mempererat hubungan antara dunia pendidikan dan industri, sekaligus membuka lebih banyak peluang bagi generasi muda untuk berkembang.  

Baca juga: Bisnis Indonesia Gelar Uji Kompetensi Wartawan, Tantangan Etika Jurnalis Era Digital

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Perkenalkan Program NewBiz, Bisnis Indonesia Ajak Mahasiswa Kolaborasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: