Ilustrasi kentang. (Dok. Eric Prouzet dari Unsplash)

5 Tips Menyimpan Kentang agar Tahan Lama

28 August 2021   |   11:14 WIB

3. Jangan dicuci sebelum disimpan
 

a

Ilustrasi kentang. (Dok. Annie Spratt dari Unsplash)

Meski ada tanah di bagian kulit, mencuci kentang justru akan memicu pertumbuhan bakteri dan lumut. Karena itu, disarankan untuk membiarkan kentang dalam keadaan kering saat berencana menyimpan kentang dalam waktu yang lama.

Healthline menambahkan, mencuci kentang bisa dilakukan jika kentang ingin langsung dikonsumsi dengan cara mencucinya dengan air bersih dan menyikatnya dengan sikat khusus sayur untuk menghilangkan tanah. Cuka putih atau larutan garam bisa digunakan jika takut adanya residu pestisida.

4. Jangan simpan di kulkas dan freezer
 

Ilustrasi kentang. (Dok. Benjamin Manley dari Unsplash)

Ilustrasi kentang. (Dok. Benjamin Manley dari Unsplash)

Penyimpanan di kulkas dan freezer justru tidak disarankan karena hal ini bisa memicu munculnya rasa manis akibat perubahan zat tepung menjadi gula akibat suhu dingin. Selain itu, membekukan kentang merupakan cara yang kurang baik karena bisa mengubah tekstur dan warna kentang.

5. Hindari penyimpanan dengan sayuran dan buah lain
 

a

Ilustrasi kentang. (Dok. Monika Stawow dari Unsplash)

Karakteristik sebagian sayur dan buah yang mengeluarkan gas ethylene saat matang sehingga buah dan sayur lebih lembut dan mengandung gula membuat penyimpanannya harus dihindari karena bisa mempercepat kematangan kentang.

Beberapa sayur dan buah yang harus dijauhkan dari kentang adalah pisang, apel, bawang, dan tomat karena keempat makanan ini mengeluarkan ethylene dalam jumlah yang besar.


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Waspadai 5 Bahaya Membuat Self-Diagnosis

BERIKUTNYA

Selain Nah He Tweakin, Ini 5 Istilah yang Populer di Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: