Ilustrasi vaksinasi (dok. Pexels)

Vaksin Influenza dan PVC Bisa Cegah Covid-19? Cek Faktanya Yuk

25 August 2021   |   12:37 WIB

Akhir-akhir ini muncul informasi terkait manfaat vaksin influenza dan PVC untuk mencegah Covid-19. Tentu informasi ini membuat kebingungan di masyarakat. Pasalnya, sejauh ini vaksin influenza berfungsi untuk mencegah penyakit flu, bukan Covid-19. Lantas seperti apa faktanya?

Mengutip penelitian terbaru, dokter umum dan kandidat PhD bidang medical science di Kobe University Adam Prabata menulis dalam akun Instagram pribadinya bahwa vaksin influenza mungkin bermanfaat untuk Covid-19.

Ia menyebut bahwa orang yang sudah diberi vaksin influenza lebih kecil risikonya untuk membutuhkan alat bantu napas dan masuk ICU ketika terinfeksi Covid-19. Selain itu, orang yang sudah diberi vaksin influenza juga memiliki tingkat kematian yang lebih rendah.

Begitu pula dengan mereka yang sudah divaksin PVC. Menurutnya risiko didiagnosis Covid-19, mengalami rawat inap, hingga risiko kematian juga lebih rendah. Adapun vaksin PVC atau pneumococal conjugate vaccine biasanya digunakan untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus—penyebab penyakit berbahaya seperti meningitis dan pneumonia. 

Lantas apakah benar kedua vaksin ini dapat mencegah Covid-19? Adam menyampaikan bahwa berdasarkan pernyataan aliansi vaksin internasional GAVI, manfaat itu belum bisa dipastikan.

Bukti mengenai kemampuan vaksin influenza dan PVC terhadap vaksin Covid-19 berasal dari penelitian epidemiologi. “Hingga saat ini belum ada hasil uji klinis vaksin influenza dan PVC terhadap Covid-19,” tulis Adam mengutip pernyataan GAVI. 

Bagaimana mekanisme kedua vaksin ini dapat bermanfaat untuk Covid-19 pun masih belum jelas. Kendati demikian, menurutnya terdapat dua hipotesa untuk menjelaskan hal ini. 

Pertama, mekanismenya yakni meningkatkan kemampuan sistem imun bawaan. Kedua, orang yang mendapat vaksin influenza lebih baik kesehatannya secara umum. Oleh karena itu, kedua vaksin ini tetap direkomendasikan untuk menurunkan beban rumah sakit pada era pandemi, dan menurunkan risiko terinfeksi virus influenza dan strepococcus pneumoniae.

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa orang yang sudah disuntik vaksin influenza dan PVC tetap harus menerima suntikan vaksin Covid-19. “Vaksin influenza dan PVC bukan pengganti vaksin Covid-19,” sebut Adam.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Sering Lihat Subway di Drakor? Gerai Sandwich Itu Bakal Masuk Indonesia Loh

BERIKUTNYA

Modifikasi Baju Tradisional, Intip Seragam Atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: