Ilustrasi hidangan sushi dari Jepang yang lezat. (Sumber gambar: freepik)

Begini Cara Makan Sushi yang Benar ala Jepang

21 October 2024   |   14:02 WIB

Sushi merupakan salah satu kuliner Jepang yang mendunia. Tak hanya lezat, sushi juga memiliki beragam jenis dan cara penyajian yang membuat pengalaman menikmatinya menjadi unik. Namun, bagaimana cara makan sushi yang sebenarnya ala Jepang? Mari kita bahas!

Sushi adalah hidangan khas Jepang yang terdiri dari dua bagian, yaitu nasi dan pugasan (topping). Nasi yang digunakan biasanya sudah dicampur dengan gula dan cuka sehingga memiliki rasa yang khas. Kemudian nasi dapat diisi dengan berbagai isian dan topping di atasnya.

Baca juga: Cara Menggulung Sushi Tanpa Makisu atau Tikar Bambu dengan Rapi

Meskipun banyak orang mengira sushi sama dengan ikan mentah, sebenarnya ada banyak variasi sushi yang menggunakan bahan lain seperti sayuran, buah, dan makanan laut yang dimasak. Keunikan sushi sendiri terletak pada kombinasi rasa dan presentasinya yang menarik.


Hidangan Pendamping Sushi

Ketika menikmati sushi, terdapat pelengkap yang tak kalah penting seperti kecap asin (shoyu), wasabi, dan acar jahe (gari) yang tak hanya menambah sensasi rasa sushi, tapi juga memiliki segudang manfaat bila dikonsumsi.

Beberapa penelitian (Novi Kunthi Maharani- UNY 2019, dan Ricky Wahyu Kurniawan-Unsada 2021) melaporkan bahwa kecap asin yang ditambahkan pada sushi dapat mencegah kelelahan dan mengurangi risiko darah tinggi. Begitu juga wasabi, tak hanya memberikan sensasi pedas, tapi juga memiliki senyawa antimikroba alami yang membantu mencegah penyakit.

Untuk menikmati sushi yang lezat, campurkan wasabi sebelum mencelupkan sushi ke dalam kecap asin untuk mendapatkan rasa yang sempurna. Jangan lupakan acar jahe merah yang terhidang di meja.

Acar jahe sebaiknya dimakan terpisah dengan sushi sebagai selingan untuk menyegarkan lidah dari rasa sushi yang tertinggal di mulut. Acar jahe selain memiliki rasa manis yang unik, juga mengandung antibakteri dan anti-inflamasi.


Cara Menikmati Sushi: Dicelup atau Dituang?

Untuk menikmati sushi dengan cara yang benar sesuai dengan etika makan sushi di Jepang, menurut Naomichi Yasuda, koki sebuah restoran sushi di Tokyo, ada beberapa hal yang bisa dipraktikkan.

Sushi dengan topping ikan segar dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam kecap asin. Pastikan hanya bagian topping-nya yang dicelup, bukan di bagian nasi supaya tidak menyerap terlalu banyak kecap dan rasa asinnya tidak mendominasi. Tujuan penggunaan kecap asin adalah untuk menambah rasa, bukan untuk menutup rasa asli sushi. Setelah mencelupkan, langsung santap tanpa ditiriskan.

Namun apabila lebih nyaman menyantap sushi dengan cara menuangkan kecap asin pun tak masalah. Biasanya sushi jenis maki, yaitu sushi gulung dengan isian dan dibungkus rumput laut (nori), dapat juga dinikmati dengan menuangkan secukupnya kecap asin langsung di atasnya sehingga kelezatan sushi tetap terjaga.


Sushi Segar dan Berkualitas

Banyak jenis sushi dengan isian dan topping ikan mentah. Dilansir dari kanal Health, pastikan memilih restoran yang menghidangkan sushi dengan ikan mentah yang segar dan berkualitas tinggi. 

Sushi dengan ikan mentah harus langsung disantap untuk menghindari risiko keracunan. Jika ragu, maka pilihlah sushi dengan isian dan topping ikan matang, misalnya ikan panggang atau ikan asap. Selalu perhatikan aroma sushi ya. Hindari sushi yang beraroma amis dan menyengat.

Baca juga: Ini Loh 6 Perbedaan Kimbab dan Sushi

Pengalaman menyantap sushi tak hanya soal rasa, namun juga dalam penyajiannya. Menikmati sushi ala Jepang bukan hanya tentang memuaskan selera, tetapi juga menikmati keunikan, keindahan, dan tradisi di balik setiap sajiannya.

Selamat menikmati sushi ala Jepang, Genhype. Itadakimasu!.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Axiom Space dan Prada Rancang Baju Astronaut NASA Untuk Penjelajahan ke Bulan

BERIKUTNYA

Lagi Persiapan Pernikahan? Yuk Kunjungi Gala Cinta Wedding Showcase di Sahid Jaya Lippo Cikarang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: