Ilustrasi sushi (Dok. lifeforstock/Freepik)

Ini Loh 6 Perbedaan Kimbab dan Sushi

05 December 2021   |   10:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kimbab dan sushi adalah makanan dari dua negara yang berbeda yaitu Korea Selatan dan Jepang. Meskipun keduanya tampak mirip karena sama-sama gulungan nasi yang dilapisi rumput laut, kamu akan merasakan perbedaan dari kedua hidangan ini ketika disantap.

Tak hanya berasal dari dari negara yang berbeda, kimbab dan sushi juga ternyata memiliki beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui seperti dilansir dari Food Republic, Minggu (5/12/2021)  berikut ini. Yuk simak apa saja perbedaannya!
 

1. Nasi yang digunakan

Walaupun kedua hidangan ini disajikan dengan metode yang hampir sama yaitu nasi gulung yang dilapisi dengan rumput laut atau nori, salah satu hal yang membedakan adalah nasi yang digunakan tidak sama.

Tidak seperti sushi yang umumnya menggunakan nasi putih biasa, kimbab lebih bervariasi dengan menggunakan nasi putih, nasi merah atau quinoa.
 

2. Bumbu

Dalam pembuatan sushi, biasanya nasi yang digunakan diberi tambahan cuka beras, garam dan sedikit gula dengan proporsi yang pas untuk menambahkan cita rasa. Sementara pada kimbab, nasi yang digunakan diberi tambahan soy sauce dan minyak wijen sehingga aromanya lebih wangi.
 

Ilustrasi kimbab (Dok. jcomp/Freepik)

Ilustrasi kimbab (Dok. jcomp/Freepik)


3. Isian

Salah satu perbedaan yang menonjol dari kedua hidangan ini adalah pada isiannya. Sushi biasanya disajikan dengan isian ikan mentah segar seperti salmon dan tuna. Namun, seiring waktu, varian sushi juga telah berkembang dengan menyajikan banyak pilihan.

Berbeda dengan kimbab yang umumnya memiliki isian matang seperti daging bulgogi, bayam rebus yang diberi campuran biji dan minyak wijen, wortel, mentimun, telur dadar, acar lobak, dan kimchi.
 

4. Variasi

Seperti yang sudah sempat disinggung, kimbab cenderung tidak memiliki banyak varian isi. Kimbab hanya menggunakan beragam nasi untuk pengalaman tekstur yang berbeda-beda meski hanya dibuat menggunakan satu bentuk.

Sementara pada sushi, variasi bentuknya lebih beragam seperti Nigiri style, Maki Rolls, Gunkan Sushi, dan Sashimi. Selain itu, bahan yang digunakan juga beragam mulai dari berbagai jenis daging ikan segar, seafood dan daging mentah, sayuran, hingga buah-buahan.
 

Ilustrasi varian sushi (Dok. Riccardo Bergamini/Unsplash)

Ilustrasi varian sushi (Dok. Riccardo Bergamini/Unsplash)

 

5. Bentuk, rasa, dan tekstur

Sushi umumnya memiliki bentuk yang lebih kecil namun potongan yang lebih tebal, sedangkan kimbab memiliki diameter yang lebih besar dengan potongan yang lebih tipis. 
Dari segi rasa, sushi cenderung memiliki rasa yang asin dan sedikit manis, serta tekstur yang lebih lunak. Berbeda dengan kimbab yang lebih renyah karena adanya sayuran seperti acar lobak, kimchi dan mentimun. Cita rasa yang ada pada kimbab akan berupa asam dari kimchi dan manis dari wortel dan daging di dalamnya.
 

6. Bumbu pelengkap

Bagi kamu pecinta sushi tentu sudah hafal bahwa umumnya bumbu pelengkap sushi terdiri dari acar jahe yang digunakan untuk mencuci mulut setiap selesai menyantap tipe ikan yang berbeda. Selain itu, ada juga pelengkap lain seperti wasabi, kecap asin, dan sawi hijau. Sementara pada kimbab, biasanya akan dilengkapi dengan acar jahe kuning atau sayuran lainnya.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

3 Tips Sukses Gaet Pasangan lewat Aplikasi Kencan Online ala Dikta

BERIKUTNYA

Gunung Semeru Meletus, Cek Catatan Erupsi Puncak Tertinggi di Jawa Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: