Sushi (Sumber Foto: Freepik)

Cara Menggulung Sushi Tanpa Makisu atau Tikar Bambu dengan Rapi

22 August 2024   |   22:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sushi adalah hidangan khas Jepang yang terdiri dari nasi yang dibumbui dengan campuran cuka beras, gula, dan garam. Nasi kemudian dipadukan dengan berbagai bahan seperti telur, sayuran, daging, ikan mentah, dan makanan laut lainnya.

Sushi dapat disajikan dalam berbagai bentuk, misalnya Makizushi, sushi yang diisi nasi, ikan, atau sayuran lalu digulung dengan nori atau rumput laut menggunakan makisu atau tikar bambu penggulung sushi. Makisu terbuat dari bilah-bilah bambu tipis yang diikat rapat dengan tali. Bentuknya menyerupai tikar kecil dan fleksibel untuk menggulung bahan-bahan sushi dengan rapi.

Makisu sangat penting dalam proses pembuatan sushi karena membantu menjaga bentuk dan kepadatan gulungannya. Dengan begitu, isiannya tidak keluar dan sushi bisa dipotong-potong dengan mudah. Namun, jika Genhype tidak punya makisu, tentunya menggulung sushi bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut ini.
 

1. Menggunakan Tisu atau Handuk Dapur

Gunakan handuk dapur bersih atau tisu dapur keras sebagai pengganti makisu. Letakkan handuk atau tisu di atas permukaan datar, kemudian letakkan plastik wrap di atasnya. Susun nasi dan bahan-bahan sushi di atas nori, lalu gulung dengan bantuan handuk dan tisu sampai mencapain kepadatan yang diinginkan.
 

2. Menggunakan Kertas Roti

Kertas roti bisa digunakan sebagai alat bantu menggulung sushi. Kertas ini bersifat anti lengket dan cukup kuat untuk membantu proses menggulung. Pertama, potong kertas sesuai ukuran yang diinginkan, lalu letakkan di atas meja.

Susun lembaran nori di atas kertas, lalu ratakan nasi di atasnya. Tambahkan bahan isian di bagian tengah nasi. Mulailah menggulung sushi dengan bantuan kertas roti, gunakan jari untuk menekan gulungan agar tetap padat dan rapi.
 

3. Menggunakan Talenan Fleksibel

Alas pemotong atau talenan tipis yang fleksibel bisa digunakan sebagai pengganti makisu. Biasanya, talenan jenis ini terbuat dari bahan silikon yang melar sehingga bisa digulung mirip dengan tikar bambu.

Untuk menggulung sushi, letakkan plastik wrap di atas talenan, kemudian letakkan nori di atasnya. Tambahkan nasi dan bahan isian, lalu mulai menggulung dengan bantuan alas pemotong. Setelah selesai, kita bisa dengan mudah memotong sushi langsung di atas talenan fleksibel tersebut.

 

4. Menggunakan Plastik Wrap

Plastik wrap bisa langsung digunakan untuk menggulung sushi tanpa alas tambahan. Caranya letakkan lembaran nori di atas plastik wrap lalu tambahkan nasi dan isian. Gulung perlahan dengan hati-hati, tekan dengan lembut agar gulungan tetap rapat. Plastik wrap membantu mempertahankan bentuk sushi dan mencegah nasi lengket di tangan.
 

5. Menggunakan Aluminium Foil

Kertas aluminium foil juga bisa digunakan untuk menggulung sushi. Meski tidak sefleksibel makisu, aluminium foil cukup kuat untuk membantu proses menggulung sampai menemukan kepadatan yang pas.

Caranya letakkan alumunium foil di atas permukaan datar, lalu tempatkan nori di atasnya. Tambahkan nasi dan bahan isian di atas nori. Mulailah menggulung dengan bantuan foil, pastikan untuk menekan gulungan dengan lembut agar isian tetap di tempatnya dan gulungan tetap padat. Kertas alumunium foil juga bisa digunakan untuk membungkus sushi apabila ingin dimakan nanti.

Baca Juga: Paris Baguette Tawarkan Kreasi Keberagaman Menu Fusion Bertema Nusantara

Editor: M. Taufikul Basari 

SEBELUMNYA

Kanal YouTube Cristiano Ronaldo Tembus 28 Juta Subscriber Hanya dalam Sehari

BERIKUTNYA

Waduh! Kebijakan Politik Negara yang Tidak Adil Bikin Trauma Hingga Masalah Mental

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: