Penyanyi Bernadya. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Borong 5 Nominasi di AMI Awards 2024, Intip Cerita Bernadya Bikin Lagu-lagu yang Ngena

16 October 2024   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bernadya merupakan salah satu penyanyi yang tengah naik daun berkat karya-karya musiknya yang digandrungi anak muda. Kariernya yang cemerlang membawanya meraih 5 nominasi di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2024. Bernadya menjadi salah satu musisi dengan nominasi terbanyak di ajang bergengsi tersebut.
 
Kelima kategori nominasi yang diraih Bernadya yakni Artis Solo Wanita Pop Terbaik, Album Pop Terbaik, Album Terbaik Terbaik, Karya Produksi Terbaik Terbaik, dan Pencipta Lagu Pop Terbaik. 
 
Seluruh nominasi itu diraih Bernadya berkat album studio perdananya yang bertajuk Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan, yang dirilis pada 23 Juni 2024 oleh label Juni Records.

Baca juga: Tengok 5 Musisi yang Menginspirasi Perjalanan Karya Bernadya
 
"Ini bukan kali pertama, cuma kali ini merasanya lebih menegangkan tapi menyenangkan juga. Sekali lagi menyenangkan karena dapat lebih dari satu, jadi sebuah kehormatan, sebuah kebanggaan bisa dipercayai sama AMI Awards dan diapresiasi sebegitunya," kata Bernadya saat ditemui awak media usai acara pengumuman Nominasi AMI Awards 2024 di Jakarta, Selasa (15/10/2024).
 
Di ajang AMI Awards 2024, Bernadya bersaing dengan sejumlah musisi muda lainnya seperti Lyodra, Mahalini, Nadin Amizah, Salma Salsabil, dan Tiara Andini. Termasuk, nama-nama musisi dan grup band yang sudah mapan seperti Raisa dan Maliq & D’Essentials.
 
"Itu peluang kita serahkan pada yang di atas tapi keren-keren semuanya, semuanya menurut aku layak untuk mendapatkan piala AMI Awards. Jadi untuk menang atau enggaknya itu bonus," kata penyanyi berusia 20 tahun ini.
 
Baginya, penghargaan AMI Awards menjadi semacam 'penyuntik' semangat dan percaya dirinya untuk terus berkarya. Sebab, menurutnya, AMI Awards merupakan ajang penghargaan paling bergengsi di Indonesia yang menjadi patokan banyak musisi dalam negeri.
 
"AMI Awards ini bagi musisi ya terutama pasti jadi patokan setuju atau enggak setuju. Tapi dengan kita masuk nominasi apalagi menang itu bikin kita jadi pede, terus jadinya mungkin akan membuat karya yang selalu lebih baik setiap tahunnya. Karena pasti kita adalah dalam hati, pasti pengen masuk nominasi gitu," katanya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bernadya (@bernadyaribka)


 
Bernadya memang kini menjadi salah satu penyanyi yang kariernya tengah cemerlang. Berkat lagu-lagu dalam album studio pertamanya, Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan, dia meraih kesuksesan dengan mencetak rekor di berbagai tangga lagu.
 
Nomor-nomor seperti "Untungnya, Hidup Harus Tetap Berjalan", "Kini Mereka Tahu", "Lama-lama", "Satu Bulan", dan "Kata Mereka Ini Berlebihan", menjadi karya-karya Bernadya yang digandrungi para pencinta musik di Tanah Air. Namanya juga kini malang melintang di berbagai acara konser dan festival musik lokal.
 
Di Spotify, lagu-lagu dalam album Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan telah didengarkan lebih dari 100 juta kali. Selain itu, album tersebut juga menempati posisi nomor 3 dalam daftar Top Albums Indonesia. Termasuk, Bernadya juga menjadi nomor 1 dalam daftar Top Artist Indonesia versi layanan streaming tersebut.
 
Tak hanya digandrungi oleh penikmat musik dalam negeri, album tersebut juga dilaporkan masuk ke dalam daftar Top Albums Global versi Spotify, menempati urutan ke-29. 
 

Proses Kreatif 

Bernadya mengatakan lagu-lagu yang ditulisnya terinspirasi dari banyak hal dan dalam waktu yang tidak terduga. Dalam menulis sebuah lagu, dia mengaku bisa mengangkat kisah dari pengalaman pribadinya plus kisah-kisah dari orang-orang terdekatnya.
 
"Jadi sangat beragam ya, aku tuh nulis satu lagu itu bisa setengah pengalaman pribadiku, setengah aku ngarang. Setengah pengalaman pribadiku, setengah pengalaman orang, jadi kayak gitu beda-beda proses kreatifnya," kata penyanyi kelahiran Surabaya ini.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bernadya (@bernadyaribka)


 
Untuk urusan lirik lagu, Bernadya mengaku selalu memilih kata-kata yang memang terdengar personal namun tidak terkesan cheesy atau murahan. Adapun, dalam membuat lagu, dia banyak terinspirasi dari karya-karya musisi seperti Lizzy McAlpine dan Niki Zevanya atau NIKI.
 
"Karena aku pribadi orangnya enggak terlalu cocok kalau nulis yang puitis-puitis gitu dan aku enggak bisa. Jadi aku sebisa mungkin menciptakan karya yang terdengar personal dan pasti kamu bisa. Walaupun kamu enggak melagukannya, kamu ngomong aja itu enggak terdengar cheesy gitu," ucapnya.
 
Bernadya pun mengaku bersyukur dengan pencapaian-pencapaian yang telah diraihnya saat ini berkat karya-karya musiknya. Menurutnya, ini merupakan buah dari proses berkarier yang telah ditekuninya sejak tahun 2016 kala masih menjadi kontestan ajang pencarian bernyanyi, lalu berduet dengan sang kakak pada 2018.
 
"Aku sangat bersyukur ya karena tahun ini cukup banyak pencapaian-pencapaian baru dan menurutku besar. Bagiku ya mungkin banyak yang lebih layak atau sama-sama layak tapi mungkin aku ada faktor luck juga ya," kata penyanyi pemilik nama asli Bernadya Ribka Jayakusuma itu.
 
Bernadya mengaku ke depan, dia akan terus produktif dalam membuat karya bahkan berencana untuk merilis album baru dalam waktu dekat. Termasuk, rencana untuk membuat karya kolaborasi dengan penyanyi-penyanyi lain.

Baca juga: Daftar Nominasi AMI Awards 2024, Ada 62 Kategori

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Perupa Muhammad Yakin Raih Penghargaan Ajang UOB Painting of the Year Indonesia 2024

BERIKUTNYA

Metode GASING Bikin Siswa di Labuan Bajo Cinta Matematika

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: