Still photo The Substance (Sumber gambar: Instagram/TryTheSubstance)

Sinopsis Film The Substance, Angkat Tema Biological Horror yang Brutal

12 October 2024   |   17:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu film yang paling diantisipasi tahun ini, The Substance, akhirnya bakal tayang di bioskop Indonesia mulai 16 Oktober 2024. Film yang berhasil memenangkan piala Penulis Skenario Terbaik di Festival Film Cannes ini mengangkat tema kecantikan yang dibalut biological horror yang brutal.

Biologial horror atau kerap juga disebut body horror merupakan subgenre fiksi horor yang sengaja menampilkan penyimpangan aneh atau mengganggu terhadap bentuk tubuh manusia atau makhluk lain.

Baca juga: Film Horor Pernikahan Arwah (The Butterfly House) Rilis First Look Adegan yang Mencekam

Film-film jenis seperti ini biasanya menampilkan kengerian yang berfokus pada transformasi grafis tubuh yang tidak alami, degenerasi, atau penghancuran fisik yang meneror. Beberapa judul yang populer memainkan genre ini sebelumnya seperti Starry Eyes, Videodrome, Dead Ringers, atau American Mary.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Letterboxd (@letterboxd)


Dalam film The Substance, biological horror ditampilkan secara lebih baik lagi. Tak mengherankan bila setelah selesai diputar di Festival Film Cannes 2024, film ini mendapat standing ovation hingga 13 menit lamanya.

Tak hanya di Cannes, film ini juga sukses mencuri perhatian di Toronto International Film Festival (TIFF) 2024. The Substance berhasil membawa pulang piala People’s Choice Awards dalam sesi Midnight Madness. Kini, sebentar lagi kengeriannya bisa disaksikan di Indonesia.

“Apakah kamu pernah memimpikan untuk memiliki versi sempurna dari dirimu? Hanya dalam satu injeksi dapat mengubah seluruh kehidupanmu. Saksikan segera The Substance mulai 16 Oktober 2024 di bioskop,” tulis Klik Film selaku distributor melalui akun X terverifikasinya.

Film The Substance akan mengisahkan seorang perempuan bernama Elisabeth Sparkle (Demi Moore). Dia adalah bintang TV fenomenal yang selalu punya rating tinggi di setiap program yang dibintanginya.

Namun, perlahan seiring dengan usianya yang makin menua, rating TV program andalannya mulai menurun. Menjelang usia 50 tahun, Elisabeth mesti menyadari bahwa kariernya kini telah berada di ujung tanduk.

Penuaan di tubuhnya membuatnya mesti bersiap menepikan diri dari gemerlap dunia selebritas. Orang-orang terdekatnya, termasuk produsernya, pun tampak mulai menjauhinya.

Suatu ketika, Elisabeth mendapat penawaran obat dari pasar gelap berlabel The Substance. Obat itu diklaim bisa memberikan solusi atas penuaan yang kini makin meredupkan kariernya tersebut.
 

Obat The Substance ini diaplikasikan ke tubuh melalui suntikan. Serum akan masuk ke dalam tubuh dan langsung meregenerasi seluruh sel di dalamnya. Tubuhnya pun seketika bakal menjadi lebih muda dan sempurna.

Namun, cara kerja obat ini mirip seperti kloning. Dalam artian, Elisabeth kini menjadi punya dua tubuh. Versi diri yang lain itu diberi nama Sue (Margaret Qualley).

Sebagai sebuah obat, The Substence juga punya konsekuensi. Sosok versi Sue dan versi Elisabeth rupanya harus dihidupkan secara bergantian, masing-masing satu minggu.

Di Indonesia, film ini sempat tayang terbatas lewat ajang Jakarta World Cinema 2024. Film ini bahkan menjadi film pembuka sekaligus pemenang kategori Audience Award dalam festival itu.

Kini, The Substance akan tayang reguler di bioskop di Indonesia. Film yang dibintangi Demi Moore dan Ray Liotta ini bakal tayang mulai 16 Oktober 2024.

Baca juga: Tayang Besok, Simak Proses Produksi Film Horor Kemah Terlarang Kesurupan Massal

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Menikmati Liburan Mewah & Pemandangan yang Memesona di Bintan Exotica Resort by Waringin Hospitality

BERIKUTNYA

Ini Alasan Film Tale of The Land Meraih FIPRESCI Prize di Busan International Film Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: