Eliano Reijnders & Mees Hilger (Sumber foto: IG/eliano.r/meeshilgerss)

Kekuatan Baru Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

03 October 2024   |   09:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype penikmat bola kaki ada kabar gembira nih. Sebab, jelang lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia telah menaturalisasi dua talenta baru untuk memperkuat skuad Garuda. yaitu Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, yang belum lama ini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kedua pemain itu, telah melakukan pengambilan sumpah di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Brussel, Belgia, pada 30 September 2024. Pengambilan sumpah Belgia itu dilakukan untuk efisiensi waktu, mengingat tenggat kebutuhan Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca juga: Shin Tae-yong Panggil 27 Pemain ke Timnas Indonesia Untuk Kualifikasi Piala Dunia Babak 3

Ketua PSSI Erick Thohir mengatakan, pengambilan sumpah dua pemain itu juga dihadiri wakil dari Kemenkumham, Dirjen AHU (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum) Cahyo Rahadian Muzhar, Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

"Saya sangat berharap dukungan yang sudah diberikan maksimal dari semua pihak akan makin memperkuat timnas di dua laga tandang yang sangat krusial melawan tim Bahrain dan China. Coach Shin juga akan punya strategi dan game plan baru dengan kehadiran dua pemain yang merupakan andalan di klubnya masing-masing," katanya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)



Tak hanya itu, usai naturalisasi ini, pelatih Timnas senior Indonesia, Shin Tae-yong, juga mengumumkan 27 nama pemain yang akan merumput dalam pertandingan putaran ketiga kualifikasi piala dunia zona Asia pada Oktober 2024 untuk melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024, dan China pada 15 Oktober 2024.

Beberapa di antaranya adalah Jordi Amat dan Rizky Ridho yang akan mengisi posisi belakang. Kemudian, ada juga Thom Haye dari Almere City, dan Nathan Tjoe-A-On dari Swansea City yang akan mengisi posisi tengah. Sedangkan, untuk menjaga gawang, Shin Tae-yong juga memanggil Ernando Ari, Nadeo Argawinata, dan Maarten Paes.

"Di lini depan, penyerang Persebaya Surabaya, Malik Risaldi juga akan kembali bergabung bersama Timnas Indonesia. Kehadiran Malik diharapkan mampu memberikan opsi tambahan bagi Shin Tae-yong dalam mempertajam sektor depan," tulis laman PSSI.

Profil Mees Hilger & Eliano Reijnders

Hadirnya kedua pemain naturalisasi tersebut digadang bakal memperkuat skuad Garuda dan memuluskan langkah Timnas untuk berlaga di Piala Dunia 2026. Dipanggilnya 27 pemain lain dengan proses seleksi yang ketat juga diharap dapat memperkuat pertahanan. Walakin, siapa sebenarnya Mees Hilger & Eliano Reijnders sehingga mereka ditarik untuk memperkuat Timnas?

Menurut laman PSSI, Eliano Reijnders adalah pemain tengah di klub liga Belanda Eredivisie, PEC Zwolle. Eliano merupakan adik kandung dari gelandang klub AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reinjders. Pemain berusia 23 tahun itu berdarah Indonesia karena sang ibu, Angelina Syane Lekatompessy bersuku Ambon, yang lahir di Jakarta.

Pemain berpostur 168 centimeter itu juga kerap bermain di posisi sayap, dan gelandang. Eliano  memulai kariernya di akademi sepak bola di Belanda sebelum bermain di klub-klub profesional. Proses naturalisasinya ke Indonesia diharap dapat memberi peluang bagi timnas Indonesia untuk mendapatkan pemain berkualitas.

Sementara Mees Hilgers, juga berusia 23 tahun memiliki darah Indonesia melalui sang Ibu, Linda Tombeng yang berasal dari Sulawesi Utara. Mees kini menjadi pemain belakang utama FC Twente yang pekan lalu sukses menahan, 1-1, klub raksasa liga Inggris, Manchester United di ajang Europa League.

Mees memulai karier sepakbolanya di akademi di Belanda sebelum pindah ke Indonesia, di mana ia mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di level yang lebih tinggi. Proses naturalisasinya juga diharap dapat  memberi Indonesia keuntungan dalam memperkuat tim nasional, terutama dalam turnamen regional.

Baca juga: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Jadi WNI dan Gabung Skuad Timnas Indonesia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Lisa Tampil Trendi dengan Outfit Serba Kulit di Louis Vuitton PFW S/S 2025

BERIKUTNYA

Cegah Kanker Payudara, Ini Waktu yang Tepat Lakukan SADARI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: