Inisiator Kenduri Teh Indonesia Satria Gunawan (Foto: Hypeabis.id/Salsabila Rahmadhany)

Gastronomi Teh Lokal Berkualitas Hadir di Kenduri Teh Indonesia Jilid 2

05 October 2024   |   17:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi Genhype penggemar teh. Ajang Kenduri Teh Indonesia Jilid 2 diadakan di Urban Forest, Jakarta, sampai 6 Oktober 2024. Acara yang diselenggarakan oleh House of Tea ini menampilkan berbagai macam program menarik seputar dunia teh dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pegiat teh yang diharapkan dapat memperkenalkan teh Indonesia sebagai gastronomi diplomasi Indonesia.
 
Inisiator Kenduri Teh Indonesia Satria Gunawan mengatakan bahwa ajang Kenduri Teh Indonesia Jilid 2 yang diadakan kali ini di Urban Forest, Jakarta, memiliki dua tujuan. Pertama adalah menjadi tempat memperkenalkan teh Indonesia sebagai gastronomi diplomasi.  "Alat komunikasi untuk diplomasi," katanya kepada Hypeabis.id, Sabtu, 5 Oktober 2024. 

Baca juga: 5 Teh Termahal di Dunia, Ada yang Tembus 1 Miliar
 
Kedua, ajang Kenduri Teh Indonesia diharapkan dapat mengangkat para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor teh dan juga sektor lainnya. Selain sektor teh, Kenduri Teh Indonesia Jilid 2 juga diikuti oleh sejumlah pelaku UMKM sektor lainnya. 
 

Acara workshop di Kenduri Teh Indonesia Jilid 2 (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Acara workshop di Kenduri Teh Indonesia Jilid 2 (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)


Terdapat puluhan pelaku UMKM dari berbagai sektor dari beberapa daerah di Indonesia. Salah satu di antaranya adalah Kebun Ku'uk, yakni UMKM yang memproduksi berbagai produk perawatan tubuh dan kulit dari bahan alami.
 
Tidak hanya itu, ajang ini juga memiliki beragam program untuk para pengunjung, seperti talkshow atau workshop. Dia mengatakan bahwa penyelenggara ingin membuat agar masyarakat yang datang ke acara ini akan mengenal lebih dalam dengan produk UMKM dari dalam negeri. 
 
Menurutnya, workshop yang berlangsung di ajang ini pun beragam dari sejumlah pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah yang menjadi bagian dari acara. 
 
Sementara terkait dengan target transaksi, dia mengatakan bahwa tujuan ajang ini bukan untuk meraup transaksi. "Bukan itu tujuannya. Kalaupun itu menjadi efek, itu mungkin next-nya," ujarnya. 
 
Dia menambahkan bahwa Kenduri Teh Indonesia menjadi ajang tahunan di mana pertama kali diadakan pada 2023. Kenduri Teh Indonesia memiliki misi ingin mempertemukan antara petani teh dengan tea house agar para pelaku di bidang teh, termasuk reseller dan pelaku terkait lainnya dapat mengetahui langsung tentang teh dari petaninya. 
 
Dengan begitu, diharapkan awareness masyarakat terhadap teh lokal Indonesia mengalami pertumbuhan. Tidak hanya itu, mereka juga dapat mengetahui bahwa ada juga produk teh lokal yang bagus dan tidak kalah dengan produk teh dari luar negeri. 
 
Dia berharap peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kualitas teh Indonesia pada akhirnya dapat melawan produk-produk impor. "Sebagian masyarakat masih melihat bahwa teh impor adalah yang terbaik. Padahal di dalam negeri banyak juga komoditas teh berkualitas baik," ujarnya. 

Baca juga: Berkunjung ke House of Tea, Hidden Gem Bagi Penikmat Teh di Ibu Kota
 
Selanjutnya pada ajang Kenduri Teh Indonesia Jilid 3 nanti, dia ingin mengangkat budaya Indonesia. Dengan begitu, Kenduri Teh Indonesia menjadi ajang promosi berkesinambungan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pegiat teh dan sektor terkaitnya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Strategi Jitu Agar Batik Disukai Generasi Muda

BERIKUTNYA

Mengintip Kolaborasi Mangmoel X Yudi Sulistyo di Art Jakarta 2024, Preview untuk Pameran di Jepang?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: