Ilustrasi belanja lewat platform daring. (Sumber gambar: Rawpixel/Freepik)

Kelas Menengah Diprediksi Tetap Dorong Transaksi Harbolnas E-commerce

25 September 2024   |   09:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Promo angka kembar menjadi tradisi di platform e-commerce lebih dari 10 tahun lalu. Masyarakat pun terbiasa memanfaatkan momentum ini untuk membeli barang-barang impian, terutama yang memiliki nilai jual tinggi. Taburan diskon menjadi peluang bagi kelas menengah saat ini.

Pakar Marketing dari Managing Partner Inventure Yuswohady mengatakan permintaan dari sisi konsumen terbilang cukup tinggi pada promo spesial angka kembar seperti 10.10, 11.11, 12.12. Pasalnya, daya beli masyarakat terbilang meningkat pada akhir tahun.

“Memang akhir tahun itu waktunya liburan, waktunya keluar duit setelah setahun bekerja,” ujarnya  saat berbincang dengan Hypeabis.id beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Perbedaan Quick Commerce dan E-commerce, Mana Paling Efektif?

Promo spesial angka kembar dengan waktu terbatas memang menarik masyarakat untuk berbelanja. Terutama pada kelas menengah yang saat ini terbilang daya belinya menurun lantaran terhimpit sejumlah regulasi perpajakan di tengah pendapatan yang tidak sebanding, termasuk gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK).

Menurut Yuswohady, kelas menengah akan menjadi pencari diskon untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Kelas menengah dan masyarakat yang FOMO alias takut ketinggalan promosi angka kembar akan rela menghabiskan waktu untuk membeli barang yang ditawarkan di platform dagang daring. 

“Jadi ini resep tradisional, resep konvensional yang sampai kapan pun akan tetap bisa menarik konsumen,” imbuhnya.

Khusus kelas menengah, Yuswohady berpendapat mereka akan mencari produk-produk yang memiliki daya tahan lama dan biasanya memiliki harga cukup mahal. Beberapa produk elektronik atau gawai seperti handphone kemungkinan akan laris pada momentum promo spesial tanggal kembar ini. 

Yuswohady menilai angka transaksi promosi spesial tanggal kembar ini terbilang akan lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Akan lebih happening ya, terutama di Oktober-November sama Desember nanti karena diskonnya itu bisa di atas 50 persen,” imbuhnya. 


Promo Tokopedia & TikTok

Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan mengatakan untuk membantu masyarakat mendapatkan berbagai produk kebutuhan dengan lebih terjangkau termasuk menjelang akhir tahun, Tokopedia dan ShopTokopedia menghadirkan berbagai kampanye. Salah satunya, Promo Guncang di setiap tanggal kembar.

Pada Promo Guncang 9.9 lalu, misalnya, masyarakat bisa mendapatkan diskon hingga 90?n flash sale Rp9.000. Promo ini juga telah terbukti membantu penjual di ekosistem Tokopedia dan ShopTokopedia dalam meningkatkan penjualan. 

"Pada Promo Guncang 5.5 dan 6.6 2024, masing-masing berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 66?n lebih dari 72 persen," sebut Aditia kepada Hypeabis.id.

Baca juga: 8 Produk Kecantikan & Perawatan Terlaris di E-Commerce Awal 2024

Selain itu, Tokopedia dan ShopTokopedia katamya terus menghadirkan sederet kampanye di berbagai kategori produk. Misalnya Beli Lokal, kampanye yang diluncurkan pada momen 12.12 tahun 2023 bersama pemerintah ini bertujuan meningkatkan eksistensi karegori produk lokal dengan berbagai penawaran menarik, mulai dari diskon, flash sale dan cashback. Di sisi lain, ada kampanye Fashion dan Beauty di Tokopedia dan ShopTokopedia yang juga menawarkan diskon, flash sale, dan cashback.

"Kami sangat mengapresiasi tingginya animo masyarakat dalam berbelanja di Tokopedia dan ShopTokopedia khususnya saat momen tanggal kembar," tambah Aditia.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Lebih Dekat dengan Gerakan Masyarakat Adat dalam Perspektif Antropolog Yando Zakaria

BERIKUTNYA

Perbedaan Real Food dan Ultra-processed Food, dari Kandungan Gizi sampai Manfaat Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: