Ilustrasi CFD di Jakarta. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

7 Lokasi Car Free Day di Jakarta Minggu 11 Agustus 2024

10 August 2024   |   16:47 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Car free day atau CFD menjadi pilihan kegiatan yang seru setiap Minggu pagi. Dikenal sebagai hari bebas kendaraan, CFD merupakan gerakan untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor. Program ini dimulai dari kesadaran penduduk dunia mengenai bahaya pemanasan global dan pentingnya pengurangan emisi bahan bakar. 

CFD juga erat kaitannya dengan mengampanyekan pentingnya udara bersih. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi, ke angkutan umum massal sehingga berkontribusi dalam penurunan pencemaran udara kota. 

Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan penting dan serunya CFD. Setiap Minggu pagi, beberapa ruas jalan khusus CFD pasti akan dipenuhi orang-orang dengan berbagai kegiatan, mulai dari olahraga, mencicipi ragam kuliner, atau sekadar rekreasi pagi untuk menghirup udara segar.

Baca Juga: 9 Agenda Pameran & Seni Pertunjukan di Jakarta Akhir Pekan 10-11 Agustus 2024

Bagi kalian yang berencana untuk CFD pada Minggu 11 Agustus 2024, berikut adalah sejumlah titik yang bisa dikunjungi di kawasan Jakarta.

 

1. Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin

Lokasi CFD ini memang menjadi salah satu spot favorit warga Jakarta. Titik Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin dibuka untuk CFD setiap Minggu mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pelaksanaan CFD di tempat ini berlangsung dari Bundaran Hotel Indonesia sampai Bundaran Senayan. Setiap Minggu, pasti akan banyak orang dari berbagai daerah memadati kawasan ini

Khusus untuk Minggu, 11 Agustus 2024, brand makeup Mother of Pearl akan menggelar acara di lokasi CFD tepatnya di kawasan luar FX Sudirman Senayan Jakarta. Acaranya akan berlangsung pukul 07.30 WIB-10.00 WIB. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh owner sekaligus beauty infuencer Tasya Farasya.

 

2. Jalan Puri Elok

Satu titik CFD digelar di Jakarta Barat tepatnya di kawasan Jalan Puri Elok. Acara CFD di lokasi ini akan berlangsung pada pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Jalanan yang biasanya padat dengan lalu lintas kendaraan akan berubah menjadi arena luas untuk berjalan kaki, bersepeda, berlari, dan berbagai aktivitas lainnya. Tak perlu khawatir, akan disediakan pula beberapa titik parkir yaitu di Hypermart Puri Indah, Lippo Mall Puri dan Puri Indah Mall.

 

3. Jalan Gajah Mada & Jalan Hayam Wuruk

Titik CFD lain di Jakarta Barat yakni di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk, yang berlangsung pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Biasanya masyarakat akan memanfaatkan waktu CFD dengan berbagai kegiatan mulai dari berjalan santai, bersepeda, hingga memburu kuliner.

 

4. Kawasan Kota Tua

Lokasi CFD lainnya yang menarik kalian kunjungi pada akhir pekan ini adalah di kawasan Kota Tua. Acara CFD di kawasan wisata ini biasanya berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Saat berlangsungnya CFD, biasanya akan diberlakukan penutupan jalan di Jalan Kali Besar Barat dan Kali Besar Timur serta Jalan Kunir.

 

5. Jalan TMP Kalibata

Untuk warga selatan Jakarta, bisa mengunjungi lokasi CFD di Jalan TMP Kalibata, tepatnya mulai dari persimpangan antara Jalan Pasar Minggu Raya dan Jalan TMP Kalibata hingga U-Turn overpass Kalibata. Acara CFD di kawasan ini akan berlangsung pada 06.00 WIB hingga 11.00 WIB.

 

6. Jalan RA Fadillah Cijantung

Satu spot CFD yang bisa dikunjungi oleh warga Jakarta Timur ialah Jalan RA Fadillah Cijantung yang berlangsung setiap Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Di lokasi satu ini, warga bisa memanfaatkannya untuk bersepeda, jogging, ataupun sekadar jalan santai bersama keluarga, teman, dan pasangan. Selain itu, bagi warga yang mempunyai usaha dapat berjualan di area yang sudah disediakan di lokasi CFD tersebut.

 

7. Jalan Pemuda Rawamangun

Warga Jakarta Timur bisa memanfaatkan momen CFD yang berlangsung di Jalan Pemuda, Rawamangun. Lokasinya berada dari persimpangan Pemuda dan Velodrome dan persimpangan Pemuda dan Bekasi Raya yang dibuka pada pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Biasanya warga akan memanfaatkan CFD dengan kegiatan berolahraga.

Baca Juga: 7 Agenda Konser & Festival Musik di Jakarta Akhir Pekan 10-11 Agustus 2024

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Waspada, Obesitas Sentral Jadi Faktor Risiko Penyakit Jantung

BERIKUTNYA

Sistem Blockchain Bikin Karya Seni Terlindungi Meski Berubah Bentuk, Atasi Plagiarisme

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: