Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah di dunia terjadi pada 1 September. (Sumber gambar: Blessing Ri/Unsplash)

Daftar Peristiwa Penting Dunia pada 1 September, Ada Gempa Dahsyat di Jepang

01 September 2024   |   08:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kalender telah memasuki bulan sembilan atau September. Sama seperti tanggal-tanggal lainnya, sejumlah peristiwa penting dan bersejarah di dunia terjadi pada 1 September, mulai dari penemuan astronomi penting, bencana alam dahsyat, hingga menandai dimulainya perang.
 
Mengetahui deretan peristiwa penting yang terjadi pada 1 September tentunya bisa menambah wawasan Genhype seputar sejarah dunia. Dilansir dari History.com dan berbagai sumber lainnya, berikut adalah daftar peristiwa penting dunia yang terjadi pada 1 September.
 

1. 1 September 1804-Penemuan asteorid 3 Juno

Karl Ludwig Harding, astronom Jerman, menemukan asteroid 3 Juno pada 1 September 1804. Selain menemukan Juno, dia juga menemukan tiga komet, serta menerbitkan katalog bintang yakni Atlas novus coelestis (1808-1823) yang berisi 120.000 bintang, Kleine astronomische Ephemeriden (1830-1835), dan Sternkarten terbitan Akademi Berlin, edisi ke-15 (1830).

2. 1 September 1923-Gempa Besar Kanto di Jepang

Pada 1 September 1923, kota Tokyo dan Yokohama diguncang gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,9 skala Richter terjadi sesaat sebelum tengah hari. Gempa tersebut menyebabkan lebih dari separuh bangunan bata di Tokyo, sebagian besar bangunan di Yokohama, dan ratusan ribu rumah runtuh, hingga menewaskan puluhan ribu orang.
 
Gempa bumi besar Kanto atau dikenal juga gempa bumi Tokyo-Yokohama itu menyebabkan perkiraan korban tewas lebih dari 140.000 orang, dan membuat sekitar 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal. Gempa juga memicu tsunami setinggi 39,5 kaki di Atami di Teluk Sagami, yang menewaskan 60 orang dan menghancurkan 155 rumah.
 

3. 1 September 1939-Perang Dunia II dimulai

Pada 1 September 1939, rezim Nazi Jerman menandatangani pakta nonagresi dengan dengan Uni Soviet, dan menginvasi Polandia sehingga memicu Perang Dunia II di Eropa. Pada awal 1941, Jerman telah menguasai sebagian besar Eropa seiring negara itu mendominasi negara tetangga melalui ancaman militer.
 

4. 1 September 1961-Wold Wildlife Fun for Nature (WWF) didirikan

Pada 1 September 1961 merupakan hari lahirnya Wold Wildlife Fun for Nature (WWF), sebuah organisasi nonpemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan.
 
WWF adalah organisasi konservasi independen terbesar di dunia dengan lebih dari 5 juta pendukung di seluruh dunia, yang bekerja di lebih dari 100 negara, serta mendukung sekitar 1.300 proyek konservasi dan lingkungan.
 

5. 1 September 1961-Konferensi pertama Gerakan Non-Blok

Pertemuan pertama Gerakan Non-Blok terjadi di Beograd, Yugoslavia, pada 1 September 1961 dan dihadiri oleh 25 anggota, masing-masing 11 negara dari Asia dan Afrika bersama dengan Yugoslavia, Kuba dan Siprus. Pertemuan sejumlah negara ini mendedikasikan diri mereka untuk melawan kolonialisme, imperialisme, dan neo-kolonialisme.
 

6. 1 September 1969-Muammar Qaddafi merebut kekuasaan Libya

Muammar Qaddafi, politikus sekaligus tokoh revolusioner Libya berhasil merebut kekuasaan negara tersebut yang dipimpin pemerintahan Raja Idris melalui kudeta pada 1 September 1969. Setelah naik ke tampuk kekuasaan, Qaddafi mengubah Libya menjadi sebuah republik yang diperintah oleh Dewan Komando Revolusioner. 
 
Dia juga menggalakkan hukum syariah dan mendukung sosialisme Islam, diantaranya menasionalisasi industri minyak Bumi dan menggunakan keuntungannya untuk memperkuat militer, mendanai kelompok-kelompok revolusi di luar negeri, serta memberlakukan program-program sosial yang mementingkan pembangunan perumahan, penyediaan layanan kesehatan, dan pendidikan.
 

7. 1 September 1985-Bangkai kapal Titanic ditemukan

Tujuh puluh tiga tahun setelah tenggelam di dasar samudra Atlantik Utara pada 1912, ekspedisi gabungan AS-Prancis akhirnya berhasil menemukan bangkai kapal RMS Titanic. Kapal yang tenggelam itu berada sekitar 400 mil di sebelah timur Newfoundland di Atlantik Utara, sekitar 13.000 kaki di bawah permukaan laut.
 

8. 1 September 1991-Uzbekistan merdeka dari Uni Soviet

Pada 1 September 1991, Uzbekistan akhirnya bisa menghirup angin segar kemerdekaan dari invasi Kekaisaran Uni Soviet yang kala itu berekspansi ke negara-negara Asia Tengah. 
 
Selain kedelapan peristiwa itu, masih banyak daftar kejadian penting yang berlangsung pada 1 September. Berikut adalah daftarnya.
 
  • 1 September 1963 - Institut Pertanian Bogor didirikan.
  • 1 September 1983 - Pesawat Korean Air Penerbangan 7 ditembak pesawat tempur Uni Soviet lepas pantai Sakhalin, dan menewaskan 269 orang.
  • 1 September 1999 - Badan Hukum Saksi-Saksi Yehuwa Ketiga di Inggris dibentuk dengan nama Watch Tower Bible and Tract Society of Britain.
  • 1 September 2001-Perangko hari raya Muslim pertama di AS diterbitkan.
  • 1 September 2004 - Kelompok teroris bersenjata menyandera murid-murid dan guru-guru di sebuah sekolah di Beslan, Rusia. 
  • 1 September 2006 - Roblox, permainan asal Amerika Serikat resmi dirilis.

SEBELUMNYA

Konser Simfoni untuk Bangsa: Melodi Milenium Hadirkan Nostalgia Band Era 2000-an bagi Generasi Muda

BERIKUTNYA

Icip-icip 6 Festival Kuliner di Berbagai Kota, Jakarta hingga Surabaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: