Restoran Bopet Uda (Sumber Foto: Hypeabis.id/Abrurrachman)

Restoran Bopet Uda Sajikan Masakan Minang Rumahan yang Autentik

31 August 2024   |   16:47 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Bopet Uda menawarkan masakan Padang atau Minang yang membuat kita rindu akan nikmatnya masakan Amak atau ibunda. Restoran ini seolah menghidupkan kembali kenangan masa kecil saat kita dengan lahapnya menyantap habis berpiring-piring hidangan di tengah kehangatan suasana rumah.

Restoran Bopet Uda resmi dibuka mulai Sabtu (31/8/2024), berlokasi di jalan Aditiawarman I No.6, Melawai, Jakarta Selatan. Acara pembukaan restoran Bopet Uda berlangsung meriah, menyuguhkan pertunjukan tari dan budaya khas Sumatra Barat.
 

Restoran Bopet Uda (Sumber Foto: Hypeabis.id/Abrurrachman)

Dedi Irawan Pemilik Restoran Bopet Uda (Sumber Foto: Hypeabis.id/Abrurrachman)


Acara dibuka oleh tari Pasambahan, salah satu seni tari tradisonal Minangkabau, Sumatra Barat. Tarian ini ditampilkan dalam acara penyambutan tamu, sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada para tamu yang baru saja tiba. 

Baca juga: Resep Terong Raos ala Resto Dapoer Pandan Wangi

Rangkaian acara dilanjutkan dengan tradisi berkapur sirih atau mengunyah sirih oleh para tamu undangan sebagai doa restu agar acara berjalan dengan baik. 

"Mengusung tema 'Masakan Amak Den', yang berarti masakan ibu, kami ingin membawa semua orang kembali ke cita rasa autentik dan hangat masakan rumahan yang biasa disajikan oleh ibu-ibu di kampung," ujar Dedi Irawan, pemilik restoran Bopet Uda.

Lebih lanjut dia memaparkan, inspirasi dari Bopet Uda berasal dari sang ibunda. Terlihat pada bagian depan restorannya terdapat sebuah pribahasa yang berbunyi Karatau madang di hulu, Babuah babungo balu Marantau Bujang Dahulu, di rumah paguno balun yang artinya  jika di kampung belum bisa berbuat banyak untuk orang banyak, sebaiknya merantau dahulu.

"Seperti maknanya, ibu selalu menasihati untuk sekolah yang benar supaya jadi orang yang berhasil. Kebetulan saya sendiri merantau ke Jakarta, melalui restoran ini saya mohon doanya supaya bisa berhasil," katanya,

Hadirnya restoran Bopet Uda bertujuan untuk menjembatani kerinduan para penikmat masakan Padang dan Minang dengan menghadirkan kembali kenikmatan sejati dari hidangan khas rumah. Setiap masakan yang disajikan memiliki cita rasa autentik Minangkabau yang harum dan kaya rempah.
 

Menu Restoran

Menu Restoran Bopet Uda (Sumber Foto: Hypeabis.id/Abrurrachman)


Berbagai menu yang disajikan semuanya merupakan masakan dari Minangkabau, mulai dari Bukittinggi, Kabupaten Agam, Payakumbuh, Batusangkar, Padang Panjang, Pariaman. Penyajiannya ala Kapau, yakni disusun secara bertingkat seperti anak tangga. 

Pengunjung yang ingin makan di Bopet Uda bisa memasuki bagian dalam restoran tempat disajikannya lauk pauk yang disusun bertingkat. Nanti kita akan diambilkan sepiring nasi, lalu bebas memilih lauk pauk yang tersedia, mulai dari rendang, ayam gulai, gulai cincang, gulai tunjang, gajeboh, telor gulai, buntut balado, gulai kapau, palai bada, teri pete balado, telor balado, ayam patah lado, gulai kapalo kakap, dendeng lambok, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Kuliner Kaki Lima ala Restoran Fine Dining

Bopet Uda juga menyediakan masakan dari berbagai daerah di Nusantara. Pada bagian depan restoran, berjajar tenant-tenan kuliner seperti Sate Soto Padang Salero Ajo Fatmawati, yang masih bersaudara dengan Sate Padang Ajo Ramon, Ikan Bakar Uda, Sop kaki kambing Bang Moes/Hasan, Nasi Bebek Cak Edi , Pecel Lele, Es Podeng, Es Oyen, Es Kelapa, dan Es Pisang Ijo.

Acara pembukaan restoran Bopet Uda dimeriahkan juga dengan Tari Piring. Pentunjukan tari tradisional tersebut bertujuan untuk menggungkapkan rasa syukur dan kegembiraan atas suksesnya acara ini, serta sebagai bentuk terimakasih untuk para tamu undangan yang hadir. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Syarat Dokumen & Cara Daftar Kode QR Pertalite

BERIKUTNYA

Menu Khas Minangkabau di Restoran Bopet Uda: Gulai Tunjang hingga Dendeng Lambok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: