Moon Taeil. (Sumber foto: X/NCTsmtown_127)

Taeil Hengkang dari NCT, SM Entertainment Konfirmasi Tuduhan Kasus Pelecehan Seksual

28 August 2024   |   19:41 WIB
Image
Nirmala Aninda Manajer Konten Hypeabis.id

Dalam pernyataan yang dirilis pada Rabu (28/8/2024), SM Entertainment menyatakan bahwa anggota NCT, Taeil, akan dikeluarkan dari grup karena tuduhan pelanggaran seksual dalam kasus pidana. Dalam informasi tersebut, agensi juga menegaskan bahwa Taeil akan mengikuti proses penyelidikan yang masih berlangsung.

Melansir terjemahan keterangan SM Entertainment yang diunggah Soompi, agensi mengonfirmasi bahwa Taeil telah dituntut dalam kasus pidana terkait kejahatan seksual. Saat mencoba memastikan fakta-faktanya, agensi menyadari beratnya masalah ini dan telah memutuskan bahwa dia tidak mungkin lagi melanjutkan aktivitas tim.

Baca juga: Daftar Pemenang K-World Dream Awards 2024, NCT Bawa Banyak Piala

"Setelah berdiskusi dengan Taeil, kami telah menyepakati keputusan Taeil meninggalkan tim. Taeil saat ini bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan polisi, dan kami akan memberikan pernyataan tambahan seiring berjalannya penyelidikan," tulis agensi. Namun, kontraknya dengan SM Entertainment belum berakhir hingga dinyatakan sebaliknya.

Taeil memulai debutnya sebagai anggota NCT pada 2016 sebagai bagian dari sub-grup permanen NCT 127. Karya terakhir boy group tersebut adalah single berjudul "Walk" yang dirilis pada bulan Juli 2024, dari album studio keenam NCT 127 dengan judul yang sama.

Vokalis tersebut juga merupakan anggota keempat NCT yang meninggalkan grup selama beberapa tahun terakhir. Pada 2023, Sungchan dan Shotaro meninggalkan NCT untuk bergabung dengan grup baru di bawah naungan SM Entertainment, RIIZE. Sementara itu, Lucas Wong resmi meninggalkan grup tersebut pada bulan Mei 2023, setelah vakum cukup lama. 

Awal tahun ini, SM Entertainment mengeluarkan pernyataan yang membantah tuduhan bahwa anggota NCT Johnny dan Haechan terlibat dalam skandal seks. Label tersebut menggambarkan insiden tersebut sepenuhnya tidak benar dan mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab atas rumor tersebut.


Kasus Nth Room Korea Selatan 

Kabar ini tentunya mengangetkan fan NCT dan komunitas K-Pop dunia. Terlebih, saat ini Korea Selatan sedang menjadi bulan-bulanan warga internasional setelah terungkapnya kejahatan seksual berbasis aplikasi Telegram. 

Insiden yang diberi label "the new nth room" baru-baru ini menjadi viral di Korea Selatan. Menurut berbagai sumber termasuk korban, serangkaian ruang Telegram dengan total lebih dari 212.000 anggota telah terungkap. 

Diketahui, untuk mendapatkan akses ke ruang-ruang ini, seseorang harus mengirimkan serangkaian foto gadis atau wanita mana pun di sekitar mereka, seperti teman sekelas, saudara kandung, atau teman, dan memberikan detail pribadi korban. Beberapa dari ruang Telegram ini berisi tindakan mempermalukan anggota keluarga dengan mengambil foto atau video secara tidak senonoh.

Sebuah akun bernama Queenarchive1 di X adalah salah satu dari sedikit akun pertama yang mengungkap masalah ini. Mereka mengunggah tangkapan layar dari ruang telegram tersebut. Satu per satu akun para whistleblower telah ditangguhkan dan dilaporkan oleh pelaku yang tidak bergerak sendiri.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menilik Sejarah dan Perkembangan Paralimpiade, Pesta Olahraga Atlet Penyandang Disabilitas

BERIKUTNYA

Cek Hari Libur & Cuti Bersama Bulan September 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: