Lobster Roll. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Resep Lobster Roll, Hidangan Sultan yang Dibanderol Rp400.000 Per Potongnya

24 August 2024   |   11:17 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo, menyita atensi publik usai mengunggah roti mahal yang dicicipinya saat berada di Los Angeles, California, AS. Erina membeli roti yang diketahui merupakan Lobster Roll itu di Grand Central Market dengan harga yang relatif mahal, yakni Rp400.000 per potongnya.

Lobster Roll atau roti gulung lobster ialah hidangan khas musim panas dari New England dan Atlantik Kanada. Mengutip dari Serious Eats, Lobster Roll biasanya terdiri dari potongan daging lobster yang lembut, manis, dan matang yang dilapisi mayones tipis. Semua itu dimasukkan ke dalam roti hot dog putih yang dibelah di bagian atas, dan dipanggang sebentar dengan mentega.

Baca juga: Cara Menggulung Sushi Tanpa Makisu atau Tikar Bambu dengan Rapi

Tak hanya dihidangkan menggunakan roti hot dog putih, Lobster Roll juga terkadang dibuat menggunakan roti hamburger, baguette atau jenis roti gulung lainnya bahkan roti pita. 

Beberapa Lobster Roll juga dibuat dengan menambahkan sedikit bahan lain untuk menambahkan rasa dan aroma seperti seledri, bawang, dan daun bawang. Termasuk, memadukannya dengan tambahan keripik kentang atau kentang goreng sebagai lauk.
 

Lobster Roll. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Lobster Roll. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Di Amerika Serikat, Lobster Roll umumnya banyak ditemukan di negara bagian Maine yang disebut sebagai salah satu wilayah dengan kualitas lobster terbaik. Daging lobster biasanya disajikan dingin, bukan hangat atau panas, dan mayones biasanya dioleskan di dalam roti atau dicampur dengan daging. 

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat, Genhype bisa mencicipi Lobster Roll dengan membuatnya sendiri di rumah. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Mengutip dari Maine Lobster Now, hal utama yang mesti diperhatikan dalam membuat Lobster Roll ialah menggunakan daging lobster yang segar dan empuk. Tanpa daging lobster berkualitas tinggi, Genhype tidak akan bisa menikmati lobster roll yang autentik.

Selain itu, pastikan juga menggunakan mentega yang berkualitas untuk memanggang roti serta mayones yang enak. Hindari saus yang beraroma kuat yang dapat mengalahkan rasa lobster roll. Pastikan juga menggunakan roti yang lembut dan hindari roti dengan tekstur yang keras.

Berikut adalah resep Lobster Roll yang bisa Genhype coba buat di rumah.


Resep Lobster Roll

  • 500 gram lobster tail
  • 500 gram roti hot dog
  • 20 gram air perasan lemon
  • 25 gram smoked paprika powder
  • 30 gram bawang putih cincang
  • 10 gram oregano
  • 35 gram bawang bombay, iris kecil
  • 5 gram garam
  • 8 gram lada hitam bubuk
  • 15 gram thyme kering
  • 15 gram cayenne powder
  • 30 gram mentega
  • 20 gram Dijon mustard
  • 30 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 ml air
 

Lobster Roll. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Lobster Roll. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Cara Membuat:

  1. Potong daging dari bagian ekor lobster menjadi kotak kotak kecil, sisihkan.
  2. Marinasi daging loster yang telah dipotong-potong dengan air perasan lemon, Dijon mustard, smoked paprika, oregano, lada hitam bubuk, garam, thyme, dan cayenne powder. Diamkan selama kurang lebih 1 jam di dalam chiller.
  3. Panaskan teflon lalu masukkan mentega secukupnya. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Lalu masukkan marinasi lobster, dan tumis hingga matang dan sisihkan pada suhu ruangan.
  4. Pada teflon yang berbeda lelehkan sedikit mentega, lalu masukkan tepung terigu dan aduk. Tambahkan sedikit air hingga mengental.
  5. Campurkan lobster ke dalam saus lalu aduk hingga rata dan isian telah siap.
  6. Panggang roti hot dog sebentar menggunakan mentega pada kedua sisinya lalu angkat.
  7. Siapkan roti yang telah dipanggang, belah pada bagian atasnya  lalu beri isian lobster yang telah dibuat. Lobster Roll pun siap disantap.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hari Anak Jakarta Membaca Tiap 24 Agustus, Ini Cara Seru untuk Merayakannya

BERIKUTNYA

WhatsApp Bakal Rilis Fitur Username & PIN, Bisa Cegah SPAM Kontak Tak Dikenal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: