Kursi bioskop (Sumber gambar: Unsplash/ Kilyan Sockalingum)

Film Indonesia dengan Penonton Hari Pertama Terbanyak Hingga Agustus 2024

18 August 2024   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Opening day atau penayangan hari pertama sebuah film di bioskop biasanya menjadi hal yang cukup krusial bagi sineas dan rumah produksi. Sebab, jumlah penonton hari pertama bisa menjadi salah satu gambaran seberapa antusias publik pada film yang sedang tayang.

Sepanjang 2024, beberapa film yang mampu meraih ratusan ribu penonton sejak hari pertama terbukti sukses di pasaran. Dengan jumlah penonton yang banyak pada hari pertama, potensi bioskop memperbanyak layar pun makin besar.

Baca juga: Sekawan Limo Raih 2,2 Juta Penonton, Posisi Ke-6 Film Indonesia Terlaris 2024

Misalnya, film Badarawuhi di Desa Penari, sejak hari pertama film ini sudah meraih 300.000an penonton. Hingga akhir penayangannya di bioskop, film ini mampu meraih 4 jutaan penonton dan menjadi yang terlaris sepanjang 2024 ini.

Berikut adalah daftar film terlaris pada hari pertama tayang di bioskop:


1. Badarawuhi di Desa Penari

 

Film produksi MD Pictures masih menjadi film produksi 2024 yang mendapatkan jumlah penonton hari pertama terbanyak sejauh ini. Film dengan judul global Dancing Village: The Curse Begins tersebut mampu mendatangkan 344.507 penonton pada hari pertama rilis di bioskop.

Badarawuhi di Desa Penari adalah prekuel dari film KKN di Desa Penari. Film garapan sutradara Kimo Stamboel ini mengisahkan kejadian lain yang tak kalah seram, jauh sebelum semua teror yang terjadi dalam film KKN di Desa Penari.

Cerita film ini dibuka dengan empat anak muda bernama Mila (Maudy Effrosina), Yuda (Jourdy Pranata), Jito (M. Iqbal Sulaiman), dan Roy (Ardit Erwandha) yang berkunjung ke sebuah desa. Mereka berniat mengembalikan Kawaturih, mustika yang konon berasal dari desa tersebut. Namun, ketika sampai di desa itu, keempat anak muda tersebut justru mendapat teror tak terduga dari Badarawuhi.


2. Vina: Sebelum 7 Hari

 

Film horor Vina: Sebelum 7 Hari menempati posisi kedua dengan jumlah penonton pada hari pertama terbanyak. Film dari rumah produksi Dee Company yang menyajikan kisah horor tragis berdasarkan kisah nyata ini mampu meraih 335.815 orang saat tayang perdana di bioskop.

Seperti judulnya, film ini mengangkat kisah tragis meninggalnya seorang perempuan bernama Vina bersama kekasihnya yang sempat menggegerkan Cirebon pada 2016. Film ini mencoba bercerita dari sudut pandang korban. Film Vina: Sebelum 7 Hari bercerita tentang penemuan dua jenazah di pinggir jalan yang diduga adalah korban kecelakaan lalu lintas. Sosok jasad wanita tersebut bernama Vina dan kekasihnya adalah Eky.

Di tengah penyelidikan, seorang sahabat Vina bernama Linda mendadak menghubungi pihak keluarga almarhumah untuk mengunjungi dirinya. Saat ditemui, Linda justru kerasukan arwah Vina yang kemudian menceritakan kronologi kecelakaan yang menewaskannya.


3. Siksa Kubur

 

Siksa Kubur adalah film horor produksi Come and See Pictures yang disutradarai oleh Joko Anwar. Film bergenre horor religi yang diproduseri Tia Hasibuan ini mampu mendapatkan 257.871 jumlah penonton pada penayangan perdananya di bioskop.

Film Siksa Kubur akan mengikuti kisah Sita (Faradina Mufti). Setelah kedua orang tuanya jadi korban bom bunuh diri, Sita jadi tidak percaya dengan agama. Sejak saat itu, tujuan hidup sita hanya satu, yakni mencari orang yang paling berdosa dan ketika orang itu meninggal, Sita ingin ikut masuk ke dalam kuburannya.

Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa siksa kubur tidak ada dan agama tidaklah nyata. Namun, tindakan Sita tentunya memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi mereka yang tak percaya.


4. Kang Mak: From Pee Mak

 

Kang Mak: From Pee Mak adalah film yang diproduksi oleh Falcon Pictures. Ini adalah remake dari film populer Thailand berjudul Pee Mak yang dibintangi Mario Maurer dan Davika Hoorne. Film ini mendapatkan 216.488 jumlah penonton dalam penayangan perdananya di bioskop.

Film Kang Mak akan mengisahkan seorang suami bernama Makmur (Vino G Bastian), seorang tentara yang telah lama meninggalkan istrinya yang tengah hamil, yakni Sari (Marsha Timothy). Ketika akhirnya Makmur pulang, alangkah bahagaianya karena dia mendengar kabar Sari telah melahirkan.

Namun, situasi yang membahagiakan berubah jadi mencekam. Sebab, para warga desa justru ketakutan ketika melihat Makmur pulang ke rumah istrinya. Situasi tak nyaman ini kemudian dirasakan oleh teman-teman Makmur. Hingga akhirnya terdengarlah kabar Sari sudah meninggal.
 

5. Agak Laen

 

Film komedi terlaris sepanjang masa, Agak Laen, rupanya juga memiliki catatan yang apik saat tayang pertama di bioskop. Film produksi Imajinari ini mampu meraih 181.689 penonton saat penayangan perdananya.  Jumlah penontonnya kemudian konsisten bertambah hingga menyentuh lebih dari 9 juta penonton.

Cerita film ini mengikuti kisah empat sahabat yang bekerja di sebuah rumah hantu di pasar malam. Suatu ketika, Indra Jegel, Boris Bokir, Oki Rengga, dan Bene Dion menghadapi masalah karena rumah hantu yang dikelolanya mulai tak berhasil menakuti orang-orang yang datang.

Mereka pun mulai merombak set rumah hantu menjadi lebih menyeramkan. Naas, ketika nuansa seram berhasil dibuat, salah satu pengunjung yang begitu ketakutan meninggal dunia karena rupanya punya riwayat penyakit jantung. Kekalutan pun terjadi, kwartet ini kemudian berusaha menyembunyikan mayat pengunjung tersebut. Namun, belakangan mereka menyadari bahwa pengunjung tersebut rupanya merupakan calon pejabat.

Baca juga: 20 Hari Tayang di Bioskop, Film Ipar Adalah Maut Tembus 4 Juta Penonton

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Menelusuri Histori Panjang Pemindahan Ibu Kota Negara, dari Jonggol hingga ke IKN

BERIKUTNYA

Terbius Konser Chrisye Live by Erwin Gutawa, Ketika Sang Legenda Musik itu Kembali ‘Hadir’ di Panggung Indonesia Bertutur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: