Sate street food Moo Ping versi halal (Sumber foto: YouTube/WillGoz Kitchen)

Resep Sate Ayam Moo Ping dengan Nam Jim Sauce, Street Food Thailand Versi Halal ala Masterchef Amelia Chuatan

15 August 2024   |   18:48 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Moo Ping merupakan sejenis sate street food asal Thailand non-halal, biasanya daging yang digunakan adalah daging babi. Seperti namanya “Moo” yang memiliki arti Babi dalam bahasa Thailand, sedangkan “Ping” artinya dipanggang.

Tapi jangan khawatir, meskipun Moo Ping ini merupakan street food populer dari Thailand dan biasanya menggunakan daging babi, hidangan ini sebenarnya masih bisa untuk dimodifikasi dengan mudah menggunakan jenis daging yang halal, seperti daging ayam ataupun daging sapi.

Baca juga:  Resep Cumi Saus Padang ala Restoran Seafood yang Pedas dan Kaya Rempah

Genhype juga masih bisa membuat Moo Ping yang halal, berikut ini merupakan resep dan langkah-langkah membuat MOO PING atau Sate Ayam NAM JIM SAUCE ala Street Food Thailand versi halal dari jebolan Masterchef Indonesia Season 6 Amelia Chuatan dari kanal YouTube milik WillGoz Kitchen:


Bahan-bahan

1 Kilogram Paha ayam fillet (tambahkan kulit ayam)
1 Sdt Garam
1 Sdt Merica
 

Bumbu Marinasi

5 Siung Bawang putih
2 Batang Daun ketumbar
?1,5 Sdm Gula palem
1 Sdm Kecap ikan
2 Sdm Kecap manis
1 Sdm Minyak sayur
2 Sdm Santan instan
1 Sdt Bubuk ketumbar
1/2 Sdt Garam
1 Sdt Merica
1 Sdt Kaldu jamur
 

Bahan NAM JIM SAUCE

2 Sdt Beras ketan
1 Sdt Extract asam jawa
2 Sdm Kecap ikan
3 Pcs Jeruk nipis
1 Sdm Gula palem
2 Sdt Chilli flakes
3 Siung Bawang merah
1 Batang Daun ketumbar
 

Langkah-langkah membuat SATE AYAM ALA STREET FOOD THAILAND MOO PING:


1. Langkah pertama, cuci bersih paha ayam fillet dan potong-potong berbentuk dadu atau sesuai selera. Setelah itu taburi ayam dengan garam dan merica. Aduk rata, lalu sisihkan dulu.

2. Untuk membuat bumbu marinasi, campurkan bawang putih cincang, daun ketumbar cincang, gula palem, kecap ikan, kecap manis, minyak sayur, santan, bubuk ketumbar, garam, merica, dan kaldu jamur dalam satu wadah. Setelah itu aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Jika bumbu marinasi sudah jadi, selanjutnya Masukkan potongan ayam kedalam bumbu marinasi yang sudah jadi tadi. Setelah itu aduk hingga semua ayam terbalut rata dengan bumbu. Lalu tutup terlebih dahulu wadah dan diamkan ayam di dalam kulkas selama minimal 1-2 jam (lebih baik marinasikan semalaman agar bumbu lebih meresap).

4. Untuk langkah selanjutnya tusuk ayam, Ambil tusukan sate dan tusuk potongan ayam yang sudah dimarinasi. Jangan terlalu padat agar ayam matang merata.

5. Jika ayam sudah ditusuk menjadi sate dan telah diberi bumbu marinasi, langkah selanjutnya panggang sate. Panaskan panggangan atau grill dengan api sedang, jika sudah panggang sate ayam sambil sesekali diolesi sisa bumbu marinasi agar semakin meresap. Jangan lupa untuk balikkan sate hingga kedua sisinya matang sempurna dan berwarna kecoklatan.

6. Untuk membuat Nam Jim Sauce, pertama sangrai beras ketan di atas wajan tanpa minyak hingga berubah warna menjadi keemasan, lalu tumbuk halus. Selanjutnya campurkan extract asam jawa, kecap ikan, air jeruk nipis, gula palem, chilli flakes, bawang merah, dan daun ketumbar cincang dalam satu mangkuk. Tambahkan beras ketan sangrai yang sudah ditumbuk halus ke dalam saus, aduk hingga merata.

7. Jika sudah jadi, sajikan sate ayam Thailand (Moo Ping) dengan Nam Jim Sauce.

Baca juga: Resep Muffin Cokelat yang Viral di Desa Olimpiade Paris

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Dampak Negatif Psikologis yang Dialami Korban KDRT & Cara Pendampingan yang Tepat

BERIKUTNYA

3 Aroma Parfum Lokal yang Terinspirasi dari Hari Kemerdekaan Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: